blank
TERBAIK : Permadi Sandra Wibowo, mantan atlet dan pelatih panahan terbaik Jateng yang lahir dari keluarga pemanah. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Sebelumnya aktif melatih untuk atlet panahan Jawa Tengah. Kini sejak awal Agustus 2020,  Permadi Sandra Wibowo, harus boyongan ke Jakarta mengemban amanah baru melatih para pemanah terbaik Indonesia untuk Olimpic Games Tokyo 2021.

Pelatih muda berbakat Jateng dan mantan atlet andalan merah putih kelahiran Cilacap, 12 Agustus 1979, mengaku bangga masuk jajaran pelatih di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) panahan di Jakarta.

“Insya Allah, amanah ini saya jalani dengan baik dan konsisten demi merah putih,” tandas Permadi, Minggu (16/8/2020).

Tidak saat ini saja, peraih medali emas PON Palembang (2004) ini, juga sudah masuk tim pelatih Olimpic London, pelatih Asean Univercity Games berhasil membawa pulang lima medali emas Divisi Recurve putra-Putri (2012).

Catatan lainya prestasi Permadi sebagai pelatih cabang olahraga dengan konstrasi tinggi ini, masuk tim pelatih Sea Games Myanmar dengan membawa pulang dua medali emas (2013), pelatih Inceon Korea Selatan dan Word Cup 2015 salah satu atletnya Ika Yulianti meraih medali emas (2014).

Pada 2015, Permadi Sandra Wibowo dipercara Pengprov Perpani Jateng sebagai pelatih kepala pra-PON Jabar yang berhasil meraih 17 tiket kelolosan, dan 2016 melatih tim panahan PON Jateng dengan hasil satu perak dan satu perunggu.

Olimpic Athena

blank
BERCANDA : Saat di lapangan memang disiplin, serius, dan tegas. Permadi Sandra Wibowo (tengah dengan ikat kepala),  juga riang dan suka guyonan saat berada di tengah pengurus Pengprov Pernani Jateng, Foto : SB/Ist

Sebelum fokus menjadi pelatih panahan andalan Jawa Tengah, prestasi aparatur sipil negara (ASN) ini juga tergolong mengkilap, peraih medali perak tim Asean Grand Prix Singapura (2003) dan medali perak tim Sea Games Vietnam.

Prestasi tertinggi lainnya pria berpendirian tegas ini, rangking III perseorangan kualifikasi Olimpic Continental Asia (Myanmar), dan lolos tiket Olimpic Athena.

“Ada banyak medali lagi di level PON 2004 dan event-event lainnya. baik peroangan dan beregu, semua ini bukan untuk saya, tapi untuk Jateng dan Indonesia,” tandasnya.

Sejak 5 Agusutus 2020, Permadi sudah berada di Jakarta bersama pelatih lainya untuk persiapan Olimpic Games (Olimpiade) Tokyo 2021, dia seharian berada di lapangan Panahan Senayan Jakarta bersama menangani atlet Pelatnas.

blank
SERIUS  : Permadi Sandra Wibowo serius sebagai pelatih panahan (Perpani) dan disiplin sebagai ASN (PNS). Foto : SB/Wahono

“Mess saya juga di mess atlet nasional panahan, Hotel Marakesh Inn, Jalan D. Tondano, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat,” kata Permadi.

Pria yang demen musik hard  rock dan slow rock ini, mengaku tidak terlalu memikirkan imbalbalik dengan kucuran keringatnya menjadi tim pelatih pemanah nasional di training camp (TC) atau pemusatan latihan Olimpic Games Tokyo 2021.

“Masuk tim pelatih Olimpic Games Tokyo 2021 adalah  amanah, maka kepercayaan dari PB Perpani harus saya pegang teguh,” ungkap Permadi Sandra Wibowo melalui telepon.

Terpisah Ketua Umum (Ketum) Pengrov Perpani Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, mengaku bangga dan memberi dukungan penuh untuk Dela Berlianan Hartanto Putri (atlet panahan Recurve Women) dan Permadi (pelatih) Pelatnas Olimpiade Tokyo.

“Kami bangga Dela (atlet) dan Permadi (pelatih) Jateng masuk TC Olimpic Games Tokyo 2021. Semoga anak terbaik Jateng ini berperstasi untuk merah putih,” harap Sujarwanto Dwiatmoko.

Wahono-Wahyu