blank
Secara simbolis, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, memperkenalkan Bhabinkamtibmas Candi, dengan prosesi pemakaian helm dan perangat pendukung, kepada lima Bhabinkamtibmas terbaik. Foto: Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, memperkenalkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Candi Polres Blora.

Kegiatan yang digelar di halaman utama Mapolres Kota Blora, Selasa (4/8/2020) itu, dihadiri Wakapolres Kompol Joko Watoro, pejabat utama Polres serta Kapolsek jajaran dan Bhabinkamtibmas se-Polres Blora.

Hadir juga pejabat dari Polda Jateng yang dipimpin Kasubdit Bhabinkamtibmas, AKBP Dwi Ratnawati beserta anggota, dan sejumlah anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat.

BACA JUGA : Polres Blora Kini Punya Mobil Inafis Canggih

Dalam kesempatan itu Kapolres menjelaskan, Bhabinkamtibmas Candi adalah sosok anggota Polri yang mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi. Mereka mempunyai program serta terobosan unggulan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Menurut dia, tujuan adanya Bhabinkamtibmas Candi ini, agar dapat bersinergi dengan warga dalam mengatasi segala problematika yang sering terjadi di tengah masyarakat.

Sinergi yang paling penting selain memupuk rasa gotong royong dan terciptanya kondusivitas wilayah di masa pandemi covid-19 adalah, membantu pencegahan pesebaran virus corona.

Disebutkan Kapolres, di masa pandemi covid-19 ini keberadaan Bhabinkamtibmas Candi dapat menciptakan kepercayaan masyarakat untuk mengatasi bersama.

blank
Upacara Bhabinkamtibmas Candi 2020, dipimpim Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK. Foto: Hms-Resbla

Harus Cerdas
”Bhabinkamtibmas Candi harus memiliki karakter yang cerdas, agamis, negosiator, dedikasi, inovatif dan didalamnya mengandung makna kesadaran setiap kali melaksanakan tugas,” beber AKBP Ferry Irawan.

Lebih lanjut dia menyatakan, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kepercayaan masyarakat dalam mencegah berbagai gangguan. Masing-masing anggota Bhabinkamtibmas juga harus memahami maksud dan arti dari Bhabinkamtibmas Candi itu sendiri.

”Bhabinkamtibmas harus cerdas dan memiliki wawasan, mampu mengembangkan potensi dengan terus belajar,” pesan dia.

Dijelaskan juga oleh alumni Akademi Kapolisian (Akpol) 1999 itu, anggota Bhabinkamtibmas Candi juga wajib mempunyai kemampuan bernegosiasi yang mumpuni, apabila terjadi sebuah permasalahan di lingkungan masyarakat.

Lima Terbaik
Bahkan dalam setiap bertugas, anggota Bhabinkamtibmas harus berdedikasi tinggi, ikhlas dan siap sedia melayani masyatakat 24 jam, apabila warga desa binaan membutuhkan bantuannya.

Dalam kegiatan itu, secara simbolis dilaksanakan pemakaian helm dan tas kepada lima Bhabinkamtibmas terbaik, yakni sebagai Ikon Bhabinkamtibmas Candi 2020 Polres Blora.

Ada pun kategori Bhabinkamtibmas cerdas, diraih Bhabinkamtibmas Desa Todanan, Polsek Todanan Bripka (Pol) Suwanto Santiko. Untuk Bhabinkamtibmas agamis diraih Bhabinkamtibmas Desa Candi, Polsek Todanan Bripka (Pol) Pasidin.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Negosiator diraih Bhabinkamtibmas Desa Sumurboto, Polsek Jepon, Aipda (Pol) Yeni Agus Setiawan. Lalu Bhabinkamtibmas Dedikasi diraih Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman, Polsek Blora Bripka (Pol) Achmad Nur Kholik, dan Bhabinkamtibmas Inovatif diraih Bhabinkamtibmas Desa Tanggel, Polsek Randublatung Bripka (Pol) Joko Susilo.

Wahono-Riyan