blank
Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan SIK (kiri), menunjukkan mobil Inafis pada anggota dan wartawan. Foto: Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Blora, kini punya sarana baru, untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas indentifikasi perkara kriminal. Sarana itu berupa mobil operasional Inafis (Indonesia Automatic Finger Print Identification System).

Mobil hibah dari Pusat Inafis Bareskrim Polri itu, punya spesifikasi penggerak empat roda/four wheel drive (4WD) alias double gardan. Dengan spesifiikasi itu, mobil dapat menjelajah medan jalan yang berat, seperti jalan tanah menanjak dan berlumpur. Tentunya sangat cocok dengan medan jalanan di wilayah Kabupaten Blora.

Kepala Urusan Inafis Satuan Reskrim Polres Blora, Ipda Junaidi SH mengungkapkan, mobil itu dilengkapi sejumlah peralatan canggih, seperti IPS (Identification Portable System), Mambis (Mobile Automatic Biomatric Identification System) dan peralatan pendukung olah TKP lainnya.

BACA JUGA : Bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas Polres Blora Gotong Royong Bangun Rumah Warga

”Peralatan di mobil ini dapat mengidentifikasi jejak-jejak pelaku tindak pidana/kriminal yang ada di TKP. Dengan metode SCI (Scientific Crime Investigation) atau pembuktian tindak pidana secara ilmiah, akan memudahkan petugas dalam proses penyelidikan,” ujar Ipda Junaidi.

Acara penyerahan mobil Inafis dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK kepada Kasatreskrim AKP Setiyanto SH MH, ditandai dengan penyerahan secara simbolis replika kunci mobil dan pemecahan kendi.

blank
Tim dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Blora, berfoto bersama dengan mobil Inafis yang baru. Foto: Hms-Resbla

”Penyerahan dengan filosofi pecah kendi yang berisi air dan bunga itu, dengan tujuan agar kasus tindak pidana yang ada di wilayah hukum Polres Blora bisa dipecahkan. Serta bunga memiliki simbol dapat mengharumkan citra nama Polres Blora di masyarakat,” tambahnya.

Mobil Inafis yang memiliki peran canggih itu akan disiagakan 24 jam. Dengan tambahan peralatan baru ini, diharapkan dapat lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim, khususnya bagian Inafis di wilayah hukum Polres Blora.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pusat Inafis Bareskrim Polri atas perhatian dan dukungannya, dengan adanya mobil olah TKP ini. Mudah-mudahan bisa lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim Polres Blora dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Wahono-Riyan