blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gema Idul Adha sangat terasa dikalangan umat muslim khususnya dan masayarakat pada umumnya, dimana umat muslim yang berkemampuan telah mendermakan sebagian rezekinya untuk berqurban dengan menyembelih hewan qurban baik berupa kambing maupun sapi.

Sering dijumpai di Mushola maupun di masjid-masjid di setiap penjuru daerah melaksanakan penyemeblihan hewan qurban. Melhat dari proses penyembelihan hewan qurban khusunya sapi sering dijumpai adanya kesulitan dalam melakukan perebahan sapi untuk disembelih bahkan bisa mengakibatkan sapi menjadi stress.

Namun kondisi semacam ini jauh berbeda yang terjadi di Musholla Al Falah Sapatmarga II RW.IV kelurahan kembangarum Semarang Barat berhasil membuat sebuah alat untuk merebahkan sapi dengan aman, efektif dan efisien pada Idul Adha 1441 H.

Alat ini dibuat atas inisiatif dari Panitia Idul Adha Musholla tersebut dengan ketua Dr.Sukimin,SH.MH bersama tim yang lain ustadz Drs.H. Zaini Bisri dan H.Wawan. Alat tersebut sudah digunakan untuk penyembelihan di dua tempat yaitu Musholla Al Falah dan di Masjid Jami’ Baitul Mutaqin Kembangarum.

Menurut Sukimin bahwa alat tersebut digunakan sangat aman, efektif dan efisiesn.sehingga sangat membantu panitia dan memudahkan dalam proses penyembelihan hewan qurban.

“Aman bagi para petugas penyembelihan dan masyarakat yang menyaksikan, karena dengan alat tersebut sapi direbahkan dengan tenang tanpa meronta-ronta dan kedua kaki tidak dapat bergerak yang membahayakan bagi petugas” ungkap Sukimin.

“Efektif dan efisien bahwa alat tersebut dibuat dengan sangat sederhana sehingga tidak mengeluarkan biaya yang besar bahkan dapat memanfaatkan besi bekas. adapun lama proses penyembelihan sejak dari sapi dimasukan ke alat, kemudian disembelih sampai dibawa ke tempat/lokasi pengulitan hanya membutuhkan waktu 15 menit” tambahnya.

“Kenapa bisa dalam waktu yang singkat karena alat tersebut dielengkapi dengan roda sehingga bisa digunakan untuk memidahkan sapi kelokasi yang diinginkan setelah disembelih tanpa kesuliatan” papar Sukimin usai pembgian daging qurban.

Sukimin dan kawan-kawan berharap semoga adanya alat ini memberikan inspirasi kepada seluruh panitia idul adha agar dikemudian hari tidak kesulitan dalam penyelenggaraan idul qurban.

USM