blank
Para tamu yang hadir di KSC Dusun Duwet Kidul, Desa dan Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, wajib melewati gerbang suci virus, untuk mendapatkan semprotan antiseptik.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kampung Siaga Candi (KSC) Dusun Duwet Kidul, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, maju lomba ke tingkat Polda Jateng Tahun 2020. Setelah sebelumnya, Dusun Duwet Kidul memenangi juara pertama lomba KSC tingkat Polres Wonogiri.

Tim penilai Polda Jateng pimpinan AKBP Suwanto, Selasa (28/7), datang ke Dusun Duwet Kidul untuk melakukan penilaian KSG jago Polres Wonogiri tersebut. Hadir  menyambut kedatangan tim penilai Polda Jateng, Kapolres AKBP Christian Tobing bersama pejabat utama (PJU) Polres Wonogiri.

Ikut hadir pula Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, Camat Eko Nur Haryono, Kapolsek Baturetno AKP Suwono bersama jajaran Forkompimcam Baturetno, Kades Baturetno, Tuntas Aditya Nugroho, bersama jajaran perangkat desa dan tokoh masyarakat, serta tokoh agama.

Ketua Tim Penilai KSC Polda Jateng, AKBP Suwanto, menyatakan, tujuan pembuatan KSC untuk pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Bersamaan dengan penilaian KSC, dilaksanakan launching Babhinkamtibas Candi, yang tujuannya agar masyarakat mengetahui keberadaannya, supaya eksistensinya lebih dekat dan disayang serta menjadi panutan masyarakat.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri depan), melakukan penjemputan tim penilai lomba KSC tingkat Polda Jateng, untuk menilai KSC Dusun Duwet Kidul.

Anggota Pilihan
Bhabinkamtibmas, tandas AKBP Suwanto, adalah anggota pilihan yang harus menguasai segala bidang tugas kepolisian, dengan memperhatikan berbagai aspek. Mampu bersikap cepat mengambil keputusan, agamis, menjadi panutan bagi masyarakat, negosiator dalam penyelesaian masalah di masyarakat. Juga sebagai sosok yang berdedikasi tinggi, kreatif dan inovatif.

Camat Baturetno, Eko Nur Haryono, dalam sambutannnya menyatakan, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri berjumlah 101 orang. Tapi untuk Kecamatan Baturetno nihil Covid-19. Terkait dengan KSC, warga masyarakat Dusun Duwet Kidul telah melakukan serangkaian tindakan untuk melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus cxorona.

”Semoga program KSC Dusun Duwet Kidul ini, bisa menjadi percontoan,” ujar Camat Baturetno, Eko Nur Haryono. Program KSC ini, tambahnya, dilaksanakan oleh dan untuk masyarakat. Ikut memberikan sambutan, Kades Baturetno, Tuntas Aditya Nugroho, dan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing.

blank
Tim Polda Jateng melakukan penilaian KSC Dusun Duwet Kidul, Desa dan Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Pada acara launching Bhabinkamtibmas Candi, ditandai dengan penyerahan helm dan tas kerja kepada para Bhabinkamtibas terpilih sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Kasi Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, untuk Bhabinkamtibmas kategori cerdas adalah Bripka Suranto, Bhabinkamtibmas Agamis (Brigadir Eko Yulianto). Selanjutnya Bhabinkamtibmas Negosiator (Brigadir Aditya Romi Apriliawan), Bhabinkamtibmas Dedikasi (Bripka Handitia Pra Ichtian), Bhabinkamtibmas Inovatif (Bripka Muli Harianto).

Bambang Pur