blank

BREBES (SUARABARU.ID) – Menyambut keberadaan Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB), pemerintah Kabupaten Brebes berusaha meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Wujud dari itu, dengan membangun dan memperbaiki rumah sakit milik Pemkab.

“Kami bertekad meningkatkan pelayanan kesehatan, seiring berdirinya KIB dan KPIB,” tutur Bupati Brebes Idza Priyanti saat menyambut kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI Dr dr Terawan Agus Putranto dalam rangka pengamatan penanganan pandemi Covid-19 dan pelayanan kesehatan di RSUD Brebes, Jumat (24/7).

Idza melaporkan kondisi RSUD Brebes yang berumur lebih dari 50 tahun kini menambah gedung dan fasilitas yang baru. Demikian juga dengan RSUD Bumiayu yang tadinya hanya sebuah puskesmas kini dibangun lagi meskipun pendanaannya meminjam dari Bank Jateng.

“Saat ini tengah dibangun Rumah Sakit Ketanggungan senilai Rp 58 miliar,” tutur Idza.

Meski demikian, Kabupaten Brebes masih kekurangan dokter spesialis dan fasilitas kesehatan, alat kesehatan, serta sarana prasana pendukung kesehatan lain. Karena itu Bupati meminta kepada Menteri Kesehatan untuk turut membantu memenuhi kebutuhan percepatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Brebes.

Bupati juga melaporkan, kalau kasus Stunting masih tinggi dan Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan di Kabupaten Brebes tinggi. Sedangkan untuk kasus Covid-19, Idza menjelaskan bahwa pelayanan rumah sakit di Kabupaten Brebes pelayanannya sudah baik sehingga dapat menurunkan jumlah angka reproduksi covid-19 hingga 0,29 persen.

Brebes merupakan zona hijau di Jawa Tengah dengan jumlah penderita sebanyak 59 orang, 7 orang dirawat, 10 orang karantina, 42 sembuh, dan tidak ada yang meninggal.

Pelayanan ini, kata Idza, bukan hanya difasilitasi oleh rumah sakit tetapi juga masyarakat sangat berperan dalam penurunan penyebaran covid-19 ini. Di antaranya TNI, POLRI, Organisasi Kemsyarakatan dan elemen masyarakat lainnya. “Kesuksesan pelayanan, fasilitas dan protokol kesehatan selalu kami usahakan maksimal,” ujar Bupati.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberi perhatian pada tingkat kematian ibu dan anak di Brebes yang masih relatif tinggi.
“Perhatian kesehatan kepada para ibu sangat penting. Karena surga ada di bawah telapak kaki ibu. Kalau ibunya terawat, mereka juga yang akan merawat anak stunting untuk tidak stunting,” ujar Terawan.

Nur Muktiadi