blank
Tim Damkar Pemkab Wonogiri, berupaya memadamkan kebakaran yang meludeskan dua buah toko di Bantarangin, Kota Wonogiri. Lokasinya di tepi selatan ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) Kilometer 2,2.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dua buah toko di Bantarangin tepi ruas Jalan Raya Diponegoro, Kota Wonogiri, Kamis pagi (25/6), ludes terbakar. Amukan jago merah, meludeskan dua bangunan kios toko yang terletak di depan SMP Negeri 2 Wonogiri tersebut.

Kedua toko itu letaknya berdampingan, berada di sisi selatan ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) Kilometer 2,2. Tepatnya di Bantarangin, Lingkungan Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, menyebutkan, bangunan kios toko tersebut adalah milik Ilham, warga Lingkungan Pokoh RT 3/RW 4 Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Tapi bangunan kios pertokoan itu disewakan, untuk usaha dagang kacamata ‘Ateng’, dan bisnis toko roti Donat Dobu-Dobu.

blank
Kepulan asap pekat kebakaran dua buah toko di Bantarangin, Kota Wonogiri, membumbung ke langit.
Tiga Damkar
Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, menerima kontak permintaan pemadaman kebakaran toko tersebut pada pukul 06.30. Segera Regu II Damkar Wonogiri pimpinan Tri Budi Santoso, sigap menyikapinya. Yakni dengan mengirimkan langsung tiga unit mobil Damkar ke lokasi kebakaran.

Jarak dari Markas Damkar Wonogiri ke Bantarangin tempat kebakaran, berjarak sekitar 2 Kilometer. Raungan sirine dibunyikan dibarengi sinyal lampu rotator untuk memperlancar laju mobil Damkar ke lokasi kebakaran. Sebab, pagi itu jalanan ramai oleh lalu lintas dan aktivitas warga yang akan berangkat kerja dan berkantor.

Ikut datang mengamankan lokasi kebakaran, jajaran Polsek Wonogiri Kota pimpinan Kapolsek AKP Dr Swi Krisyanto bersama dan personel dari Koramil 01 Wonogiri Kota. Sejumlah relawan dari Search And Resque (SAR) Wonogiri juga datang membantu penanganan. Petugas PLN juga datang mengamankan jaringan. Langkah pemadaman difokuskan ke titik kobaran api, agar segera padam dan tidak meluas ke bangunan di sekitarnya.

blank
Semprotan air dari mobil Damkar, diarahkan ke titik nyala api yang membakar dua buah toko di Bantarangin, Kota Wonogiri.

Warga Panik
Warga yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran, pada panik untuk berusaha mengungsi ke lokasi aman. Kobaran api berhasil dipadamkan pada Pukul 07.00, tanpa harus merembet ke rumah pemukinan warga.

Kepala UPTD Damkar Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran dua buah toko tersebut. Sebab, ketika terjadi kebakaran, toko tersebut masih dalam kondisi tutup, belum mulai memberikan pelayanan penjualan. Pemilik toko, tidak tidur di tempat, tapi di rumah lain.

blank
Jilatan nyala api yang berkobar dan kepulan asap pekat kebakaran dua buah toko di Bantarangin, Kota Wonogiri, membuat warga sekitarnya menjadi panik.

Taksir kerugian material masih dalam penghitungan. Sebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Ada dugaan, kebakaran toko tersebut dipicu oleh konsleting listrik pada jaringan dalam, yang berhubungan dengan kulkas atau refigerator.

Bambang Pur