blank
LAYANI PEMBELI: Salah seorang pedagang ikan, saat melayani pembeli di Pasar Sidodadi Kleco, Solo, Kamis (25/6/2020). Foto: antara

SOLO (SUARABARU.ID)– Terkait dengan adanya pasokan barang kepada pedagang lancar dan stok yang mencukupi, harga berbagai jenis ikan segar yang dijual di pasar tradisional di Kota Solo, di tengah pandemi covid-19 ini, tetap ditawarkan stabil.

Berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Sidodadi Kleco, Solo, Kamis (25/6/2020), harga ikan segar baik produksi dari laut maupun air tawar, seperti cumi, udang, tongkol, layar, patin, tuna, nila, gurami, dan lele, rata-rata dijual stabil. Selain itu stok di pedagang pun relatif cukup.

Giarto (45) salah satu pedagang ikan segar di Pasar Sidodadi Solo mengatakan, harga ikan masih stabil, karena pasokan dari daerah sentra seperti Rembang, Jepara, dan Pekalongan cukup lancar. Sedangkan permintaan pembeli juga stabil, meski masih dalam masa pandemi covid-19.

BACA JUGA : 8 Penjual Miras Terjaring Operasi Pekat di Solo

Harga cumi dijual antara Rp 70 ribu/kg hingga Rp 80 ribu/kg, tergantung ukuran. Udang Rp 60 ribu/kg hingga Rp 70 ribu/kg, kembung Rp 35 ribu/kg, patin Rp 32 ribu/kg, banyar Rp 38 ribu/kg, gembung Rp 32 ribu/kg, kerang kulit Rp 22 ribu/kg, lele Rp 20 ribu/kg, gurami Rp 35 ribu/kg dan Nila Rp 35 ribu/kg.

”Untuk pasokan ikan air tawar dari daerah lokal Solo Raya, seperti Boyolali, Karanganyar dan Klaten, juga lancar tanpa kendala,” katanya.

Sementara itu, harga beberapa kebutuhan pokok lainnya di Pasar Sidodadi Solo, seperti telur dijual stabil Rp 23 ribu/kg, gula Rp 13 ribu/kg, beras mulai Rp 10,5 ribu/kg hingga Rp 12,5 ribu/kg, minyak goreng Rp 12,5 ribu/kg.

Mulai Berani
Menurut Sidiq, kondisi pedagang di Pasar Sidodari Solo sudah mulai bergerak naik, setelah selama pandemi covid-19 cukup sepi pengunjung. Masyarakat kini sudah mulai berani ke pasar, dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Sulasmi (50), pedagang di pasar yang sama menambahkan, harga daging ayam juga tetap stabil dikisaran Rp 36 ribu/kg. Sedangkan daging sapi dijual Rp 100 ribu/kg hingga Rp 110 ribu/kg tergantung kualitasnya, daging kambing tetap Rp 90 ribu/kg.

Stabilnya harga beberapa barang kebutuhan pokok di Solo, juga diikuti komoditas sayuran yang rata-rata masih ditawarkan stabil. Harga cabai rawit dijual Rp 17 ribu/kg, cabai keriting Rp 10 ribu/kg, bawang putih Rp 20 ribu/kg, bawang merah Rp 40 ribu/kg, kentang Rp 14 ribu/kg, kol Rp 6 ribu/kg, tomat Rp 8 ribu/kg, dan wortel Rp 8 ribu/kg.

Masih Normal
Menurut Pariyanti, salah satu pedagang di pasar yang sama menyebutkan, pasokan sayuran dari daerah sentra seperti dari Boyolali, Salatiga, Tawangmangu, Karanganyar, dan daerah Jatim di tengah covid-19 masih lancar, sehingga stok masih cukup.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Heru Sunardi saat dikonfirmasi soal harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional Solo, mengungkapkan harga kebutuhan pokok di tengah pandemi covid-19 masih normal. Karena pasokan dan persediaan barang di pasar lancar dan cukup.

Pihaknya juga menurunkan petugas di pasar tradisional, untuk memantau setiap pedagang dan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mengenalkan masker, pelindung wajah, selalu mencuci tangan dengan sabun ketika akan masuk pasar, membawa hand sanitizer, dan selalu jaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Ant-Riyan