blank
PANAHAN: Sebelum masuk masa New Normal, atlet panahan Kabupaten Blora, tetap aktif latihan mandiri dan terbatas, di halaman rumah pribadi. Foto: Wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Sempat hanya melakukan latihan terbatas dan cenderung tertutup selama sekitar dua bulan akibat dampak covid-19, kini program latihan atlet dari 32 cabang olahraga (cabor) di Blora, perlahan kembali berangsur normal.

Bahkan sebelum New Normal, hampir seluruh atlet di semua cabor, masih tetap rutin latihan ringan dan mandiri. Meski mereka harus berlatih di tempat-tempat tertutup.

”Saat pandemic covid-19, atlet kami tetap aktif berlatih, meski ringan, mandiri, terbatas, namun tetap dipantau secara rutin oleh pelatih,” jelas Ketua Umum KONI Kabupaten Blora, Hery Setiyono, Senin (22/6/2020).

BACA JUGA : Corona di Blora, Terpapar 44 Orang, Meninggal 4 Orang

Latihan terbatas itu dilakukan, karena berbagai fasilitas dan venue olahraga seperti GOR Mustika, lapangan tenis, panahan, dan lainnya sedangan ditutup, untuk mencegah pesebaran virus corona.

Menurut Hery, latihan terbuka ini harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mereka harus benar-benar jaga jarak, dengan mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun dan aturan ketat lainnya. Hal itu seperti yang dilakukuan cabor atletik, yang berlatih di lapangan Nglajo, Cepu.

Selama dua bulanan itu, banyak atlet terpaksa latihan mandiri di rumah masing-masing, atau di berbagai lokasi yang tidak menggangu lingkungan.

Seperti yang dilakukan atlet dayung, mereka tetap latihan dua hari sekali pagi dan sore, namun dilakukan dengan bergiliran. Cabor menembak berlatih di gang atau lorong rumah, dan tempat lain. Sedangkan cabor panahan latihan mandiri di belakang rumah warga.

blank
TERBUKA: Para atlet dayung mulai aktif latihan secara terbuka di Waduk Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Kota Blora. Foto: Wahono

Berikan Laporan
Untuk cabor judo latihan secara bergiliran, dengan jumlah atlet dibatasi. Balap Sepeda, pencak silat, bola voli, tinju, karate dan atlet cabor lainnya, juga latihan secara terbatas.

”Meksi latihan secara terbatas, pengurus KONI tetap aktif memantau pelaksanaannya. Semua cabor wajib memberikan laporan perkembangan atlet secara rutin, ke KONI,” tambah Hery.

Sementara ini, program latihan atlet perlahan ditingkatkan, dan makin terbuka. Mereka kini berlatih di GOR, venue dan lapangan. Bahkan kemarin sudah ada lomba menembak model online shooting 2020.

blank
MENEMBAK: Atlet menembak Kabupaten Blora, dalam lomba online shooting 2020 tingkat Jawa Tengah, Minggu (21/6/2020), di venue milik salah satu halaman rumah pengurusnya. Foto: Wahono

Tetap Semangat
”Kami tetap wajibkan atlet dan pelatih untuk waspada covid-19, dan menerapkan dengan protokol kesehatan yang ketat,” terang Hery lagi yang didampingi Wakil Ketua Umum KONI Blora, Setiyono, Wahono dan Sudjoko.

Atlet tenis lapangan pun sudah melakukan latihan terbuka di venue GOR Mustika. Atletik di lapangan Nglajo, Cepu. Panahan di lapangan Bala Dewa Yonif 410/Alugoro, voli di GOR Mustika, dayung di Waduk Tempuran, dan juga cabor-cabor lainnya.

”Meski pendemi covid-19, atlet harus tetap semangat dan rajin latihan, dengan menerapkan protokol kesehatan,” tukas Ketua Umum KONI Kabupaten Blora ini.

Wahono-Riyan