blank
TTim pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Kab Jepara bersama warga tengah memadamkan api.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Kebakaran hebat menimpa sebuah gudang penyimpanan mebel dan benang kain tenun Troso, Kamis, (18/6/2020). Gudang  Srikandi Ratu tersebut beralamat di Desa Troso, RT 01/02 Pecangaan Jepara.

Kejadian bermula ketika Sunaji (58),  tukang kebun gudang tersebut pada pagi hari pukul 09.00 wib sedang bersih-bersih pekarangan gudang. Ia membakar sisa-sisa tebangan pohon di sebelah barat gudang yang berjarak sekitar 4 meter dari gudang tersebut. Setelah membakar sisa-sisa tebangan pohon Sunaji  melanjutkan membersihkan pekarangan gudang bagian lainnya.

Menyadari ada asap dari dalam gudang bagian barat, Sunaji langsung memberitahu Azis  selaku anak pemilik gudang. Karena gudang dalam keadaan terkunci Azis memberitahukan hal tersebut kepada Buhori selaku Manager di gudang Srikandi Ratu.

Asap sudah sangat tebal ketika Buhori  datang untuk membuka gudang. Ketika sudah terbuka, sebagian isi gudang berupa komponen mebel serta benang tenun sudah terbakar sebagian.

Pemadam kebakaran segera dihubungi Buhori, sekaligus memberitahukan kepada Hj. Hanin  (65) pemilik gudang yang beralamat di Desa Pecangaan Kulo RT 01/04, Kecamatan Pecangaan.

Dari keterangan saksi diketahui sisa-sisa pembakaran tertiup angin kemungkinan masuk melewati sela-sela ventilasi gudang sehingga membakar kayu kering dan benang yang ada di dalam gudang.

Dalam kejadian itu lima unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Jepara berhasil memadamkan api. Dan tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materiil ditaksir mencapai 300 juta.

Ulil Abshor