Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya (kiri), menerima 15 nama kandidat kepala dinas hasil seleksi JPT Pratama dari Pansel pimpinan Anwar Hamdani (kedua dari kiri).

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Sebanyak 15 nama kandidat calon pejebat eselon II untuk job 5 Kepala Dinas dan Kepala Badan, Rabu (17/6), diserahkan kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.

Penyerahannya dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Sukoharjo pimpinan Dr Anwar Hamdani MM, MHum. Itu dilakukan, setelah sebelumnya digelar secara terbuka dan kompetitif seleksi tahap akhir. Yakni melalui tes wawancara bertempat di Gedung Menara Wijaya Lantai 9.

”Peserta wawancara adalah mereka yang dinyatakan lulus uji gagasan. Jumlahnya sebanyak 15 peserta, dan tadi semua peserta hadir,” jelas Ketua Pansel JPT Pratama Kabupaten Sukoharjo, Anwar Hamdani. Materi wawancara meliputi masalah integritas, loyalitas, peminatan, motivasi, leadership, problem solving, komunikasi, orientasi pelayanan, dan wawasan kebangsaan.

Para peserta uji kompetensi seleksi JPT Pratama Kabupaten Sukoharjo. Mereka berebut untuk mengisi 5 job Kepala Dinas dan Kepala Badan.

Mengisi 5 Job
Setelah wawancara dilaksanakan, Pansel langsung menggelar rapat pleno untuk menentukan hasilnya. Yaitu membuat peringkat satu, dua dan tiga, dari masing-masing calon yang akan mengisi 5 job pejabat eselon II sebagai Kepala Dinas/Kepala Badan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sukoharjo.

Menurut Ketua Pansel, Anwar Hamdani, hasil peringkat merupakan akumulasi dari hasil seleksi administrasi, uji kompetensi, uji gagasan/makalah, dan wawancara akhir serta rekam jejak dari peserta.

Oleh Pansel JPT Pratama Kabupaten Sukoharjo pimpinan Anwar Hamdani, Rabu siang (17/6), hasil seleksi selanjutnya diserahkan kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian. Penyerahan hasil seleksi dilakukan di ruang kerja Bupati.

Hak Prerogatif
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukoharjo, Agus Santosa, menyatakan, tentang siapa yang kelak akan diberi amanah menjadi kepala dinas dan kepala badan, itu menjadi hak prerogatif Bupati. Bupati memilih salah satu nama dari hasil seleksi, tanpa mempertimbangkan ketentuan harus yang rangking pertama.

Seleksi untuk pengisian 5 job Kepala Dinas dan Kepala Badan di Pemkab Sukoharjo, awalnya diikuti oleh 22 peserta. Tapi kemudian mengerucut hanya 15 yang lolos seleksi.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, SH, MH, MM, menyatakan senang seleksi JPT Pratama sudah dilaksanakan dan hasilmya sudah diterima. Selanjutnya, akan melaporkan dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk memperoleh persetujuan. Apabila sudah turun rekomendasi, akan segera diadakan pelantikan, sehingga pimpinan OPD yang kosong selama ini, segera terisi pejabat yang definitif. Tentang siapa yang kelak akan dilantik, akan dipilih dari nama-nama hasil seleksi.

Sebanyak 15 nama kandidat yang lolos seleksi adalah sebagai berikut, untuk Dinas Pangan terdiri atas Endang Tien Maryuni, Sri Widayati dan Uyun Hermawati. Dinas Komunikasi dan Informatika terdiri atas Iwan Setiyono, Joko Windarto dan Suyamto. Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Ari Haryanto, Bagus Windaryatno dan Setyo Aji Nugroho).

Pansel JPT Pratama Kabupaten Sukoharjo pimpinan Anwar Hamdani, saat menggelar rapat pleno penentuan kelulusan uji kompetensi.

Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Bagus Imam Purwanto, Budi Susetyo dan Tri Ermawati). Selanjutnya untuk job Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (Santosa Budi Utomo, Sumini dan Toni Sri Buntoro Fx).

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini