blank
Brigadir Sujadi, angota Bhabinkamtibmas ikut kerja bakti bersama warga membangun rabat beton jalan di Desa Wonoyoso, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Rabu 3/4.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebagai petugas Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas), sudah seharusnya selalu hadir dalam kegiatan masyarakat. Seperti  yang dilakukan Brigadir Sujadi, Bhabinkamtibmas Polsek Kuwarasan.

Brigadir Sujadi menghadiri kegiatan kerja bakti pembuatan rabat beton di desa binaannya, Desa Wonoyoso, Kecamatan Kuwarasan, Rabu (3/6). Ia pun tak segan ikut membaur bersama warga membikin rabat beton jalan desa.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, Bhabinkamtibmas harus selalu hadir di tengah masyarakat. “Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Polri tingkat desa. Setiap ada kegiatan di desa, Bhabinkamtibmas harus hadir di tengah masyarakat,”jelas Iptu Tugiman.

Menurut Iptu Tugiman, semua kegiatan di Desa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas didokumentasikan dan dilaporkan kepada Kapolres Kebumen.  Dari laporan yang dikirimkan oleh Brigadir Sujadi, terlihat ia menggunakan seragam lengkap bergabung dengan masyarakat sedang melakukan pengecoran rabat beton.

Tak lupa ia mengenakan masker, mendukung pemerintah menghadapi new normal di tengah pandemi  Covid-19.”Semua personel Polres Kebumen harus melaksanakan protokol kesehatan termasuk  Bhabinkamtibmas. Ini sesuai anjuran Pemerintah dan instruksi dari Kapolres Kebumen,”ungkap Brigadir Sujadi.

Bhabinkamtibmas merupakan sosok polisi Indonesia yang paling dekat dengan masyarakat, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Melalui Bhabinkamtibmas, segala bentuk persoalan tingkat desa hingga masalah yang kompleks di dalam keluarga kerap diselesaikan melalui mediasinya. Bhabinkamtibmas memang sosok polisi sahabat masyarakat.

Komper Wardopo