blank
Bupati Pacitan, Indartato (kiri), menyerahkan bingkisan kepada petugas gabungan, saat melakukan sidak ke Pos Pam Chek Point Lebaran dan Pencegahan Covid-19.(Foto: Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (SGTPP) Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Pacitan, Jatim, melaporkan, ada penambahan 4 kasus baru konfirmasi positif Covid-19.

Terkait hal tersebut, kini menjadikan meluasnya zona merah yang semula hanya terjadi di 4 kecamatan, kini bertamah menjadi 6 kecamatan. Tim Humas Pemkab Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, Selasa (26/5), mengabarkan, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Pacitan, kembali mengkonfirmasi adanya kasus positif baru 4 warga Pacitan dinyatakan terpapar virus corona.

Hal itu diketahui setelah hasil uji swab menunjukkan keempatnya positif. ”Kita prihatin karena dari hasil swab yang positif bertambah empat,” kata Bupati Indartato saat memberikan pernyataan kepada media massa tentang informasi penanganan Corono Virus Disease (Covid)-19.

Pernyataan Bupati Indartato tersebut diberikan kepada pers, dalam kesempatan jumpa dengan awak media di Pendapa Kabupaten Pacitan Jumat malam (22/5) lalu.

blank
Dalam jumpa dengan para awak media, Bupati Pacitan Indartato, menyampaikan informasi tentang zona merah yang bertambah jadi 6 kecamatan di Kabupaten Pacitan.(Foto: Humas Pacitan)

Klaster Temboro
Bupati Pacitan, Indartato, menyatakan, 4 kasus baru tersebut masih dalam satu klaster, yakni klaster Temboro. Terdiri atas masing-masing satu penderita berasal dari Desa Pelem Pringkuku dan Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan, serta dua dari Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung.

Dengan kasus baru ini, maka wilayah sebaran wabah virus corona menambah adanya zona merah di Kabupaten Pacitan. ”Jika sebelumnya zona merah hanya empat kecamatan, kini meluas menjadi enam kecamatan,” kata Bupati Indartato.

Terkait dengan penambahan zona merah dari empat menjadi enam kecamatan tersebut, Bupati Indartato, mengingatkan kepada masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

blank
Bersamaan dengan penyerahan bantuan fasilitas Cuci Tangan Memakai Sabun (CTMS), Bupati Pacitan Indartato (kiri), juga memberikan bingkisan kepada petugas jaga Pos Pam Chek Point di Terminal.(Foto: Humas Pacitan)

Karena, tandas Bupati, hanya dengan kedisiplinan dan kejujuran dalam menerapkan pola hidup sehat, juga menjaga jarak sosial serta memakai masker, itu akan menjadi kunci pemutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, maka total jumlah positif akumulatif Covid-19 di Kabupaten Pacitan, Jatim sekarang mencapai sebanyak 13 orang. Dari jumlah itu, 3 orang dinyatakan sembuh.

Bambang Pur