blank
Ferry Firmawan (kiri) bersama Sarif Abdillah (kedua dari kanan), saat meninjau objek wisata Cimory One The Valley, di Kabupaten Semarang, Selasa (24/12/2024). Foto: dok/bpkn

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia, terus berkomitmen untuk mendorong perlindungan terhadap konsumen.

Hal itu seperti yang diungkapkan Wakil Ketua Komunikasi dan Edukasi BPKN RI, Ferry Firmawan PhD, saat meninjau objek wisata Cimory One The Valley, di Kabupaten Semarang, Selasa (24/12/2024). Dalam peninjauannya itu, Ferry didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sarif Abdillah.

Menurut dia, kunjungannya itu bertujuan untuk memastikan pelayanan pada konsumen, khususnya di daerah wisata, tetap bisa aman dan nyaman. Dari hasil pemantauannya, Cimory telah mengedepankan prinsip kehati-hatian, terutama dalam mengelola pengunjung.

BACA JUGA: Jelang Natal dan Tahun Baru 2025, BPKN RI Tinjau Persiapan KAI di Stasiun Tawang

”Khususnya selama masa libur Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun ini, bersamaan dengan kondisi iklim yang ekstrem. Tetapi kami yakin, pihak Manajemen Cimory sudah cukup mampu untuk mengedepankan dan memegang prinsip itu semua,” ungkap Ferry, yang juga seorang dosen Fakultas Teknik di Universitas Semarang itu.

Selain berkunjung ke Cimory, pihaknya telah meninjau Stasiun Semarang Tawang, mengingat pada Maret 2023 lalu, terjadi banjir besar. Pada tahun ini, curah hujan yang fluktuatif, sudah diantisipasi dengan baik oleh pihak PT KAI.

Meskipun sudah ada Polder Tawang, namun pihak PT KAI tetap mengantisipasi dengan adanya pompa-pompa penyedot. Dan, PT KAI telah melakukan skema overstappen, apabila genangan sampai ke dalam Stasiun Semarang Tawang.

BACA JUGA: Ita Pamit, Tahun 2024 Jadi Natal Terakhir sebagai Wali Kota Semarang

”Untuk Terminal Tirtonadi Solo, ruang tunggunya, dan sistem tata kelola arus penumpang, sudah mirip seperti di stasiun dan bandara. Saya kira pemerintah sudah hadir, terutama terkait dengan perlindungan konsumen, untuk bisa menikmati liburan tanpa dihantui iklim dan curah hujan yang fluktuatif dan ekstrem,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Sarif Abdillah. Menurut dia, pihaknya akan terus mengawal perlindungan terhadap konsumen. ”Berkaitan dengan perlindungan konsumen, kami akan terus kawal, dan ini menjadi bagian pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Anggota Fraksi PKB DPRD Jateng itu.

Pihaknya juga terus melakukan monitoring ke sejumlah daerah, yang memang sedang ramai dikunjungi dalam masa libur Nataru dan sekolah ini. Dalam pemantauannya di Cimory, pihaknya menilai sudah berjalan dengan baik, terkait dengan rencana kerja operasionalnya. Hal itu terlihat, saat konsumen masuk area, dan pelayanan di dalam hingga keluar lokasi.

”Ada juga manajemen risiko di tiap titik, ketika beberapa hal yang tidak diinginkan muncul. Semua sudah direncanakan antisipasinya dengan baik,” jelasnya.

Riyan