blank
SERAHKAN BANTUAN: Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kiri), menyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak yatim, disaksikan Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali (paling kiri) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kedua dari kanan). Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bertempat di Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2020), Menteri BUMN Erick Thohir, secara simbolis menyerahkan paket bantuan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kepada perwakilan masyarakat terdampak covid-19.

Bantuan dari PT Telkom Indonesia ini, dilakukan juga secara serentak di tujuh lokasi kantor Telkom Regional yang lain. Seperti di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar.

Bantuan sebanyak 100 ribu paket yang dibagikan kepada masyarakat terdampak ini, di antaranya berupa sembako, takjil untuk buka puasa, dan bingkisan Lebaran. Bantuan ini diberikan melalui pemberdayaan dari tak kurang 1.300 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan Telkom.

BACA JUGA : Zakat Fitrah Korpri Jepara Naik 100 Persen

Keterlibatan para pelaku UMKM mitra binaan ini dimaksudkan, untuk membantu dan menggairahkan para pelaku UMKM yang juga terdampak covid-19 karena umumnya mengalami penurunan omzet.

Erick Tohir dalam pernyataannya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada PT Telkom Indonesia.

”Saya sangat apresiasi Telkom yang telah bekerja keras tiada henti, untuk melaksanakan tugas. Tidak hanya mencari uang, tapi juga menjalankan tugas negara sebagai ujung tombak pergerakan ekonomi Nasional, dan membantu rakyat Indonesia,” ujar Erick.

Erick juga memberikan motivasi, agar tetap optimistis menghadapi situasi pandemi covid-19. ”Jangan berhenti berkreativitas. Saat ini kita harus membangun bangsa kita berdiri tegak, harus berdikari. Insya Allah kalau bersama-sama, kita bisa melewati ini,” imbuh dia.

blank
UMKM: Erick Thohir (kedua dari kanan), didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan), berdialog dengan perwakilan UMKM mitra binaan yang turut dalam menyiapkan paket bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak covid-19.

Bantuan Rp 40,7 Miliar
Dalam kesempatan itu juga, Erick Thohir didampingi Direktur Utama PT Telkom Ririek Adriansyah, melakukan peninjauan ke lokasi pelaksanaan rapid test yang diselenggarakan gratis bagi masyarakat. Mereka juga berinteraksi dengan perwakilan UMKM yang turut hadir.

Menteri BUMN ini juga menyaksikan demo Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) atau lebih dikenal dengan Robot Disinfektan, hasil karya Telkom University.

Sementara itu, Direktur Utama PT Telkom Ririek Adriansyah menyatakan, pihaknya kembali menyelenggarakan program bantuan sosial, yang bertajuk ‘Telkom Group Siaga, Satukan Hati Raih yang Fitri’.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di tengah pandemi covid-19, tahun ini bantuan yang disalurkan termasuk donasi dari gaji dan THR Karyawan Telkom Group. Total keseluruhan bantuan yang mencapai Rp 40,7 miliar itu disalurkan ke tujuh area Telkom Regional.

”Setiap tahun Telkom memang selalu menyelenggarakan kegiatan berbagi, sebagai salah satu bentuk kepedulian kita kepada masyarakat. Namun pada kegiatan tahun ini memiliki arti tersendiri, karena tak sedikit masyarakat di sekitar kita yang terkena dampak pandemi ini, baik ekonomi maupun sosial,” ungkap Ririek.

Riyan-Sol