blank
Koptu Widodo (kiri depan) bersama jajaran Koramil-21 Bulukereto Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai gerakan Dondarela bersama warga masyarakat yang peduli kemanusiaan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kantor Pelayanan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, memberikan hadiah paket sembako bagi para pendonor yang sukarela menyumbangkan darahnya. Hadiah sembako ini, diberikan kepada pendonor selama Bulan Ramadan 1441 H.

Demikian dijelaskan oleh Kepala UDD PMI Wonogiri, Dokter Heri Susanto, Kamis (14/5), berkaitan dengan pelayanan khusus donor darah di UDD Wonokarto, Wonogiri, selama Bulan Ramadan 1441 H. Paket hadiah sembako ini, antara lain berisi beras, minyak goreng, dan minuman susu serta kue.

Tujuan pemberian hadiah ini, dimaksudkan agar warga masyarakat tetap berminat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela demi kemanusiaan, meski waktunya di Bulan Puasa. Agar UDD PMI Wonogiri tidak mengalami krisis stok darah.

blank
Gerakan Dondarela digencarkan oleh PMI Cabang Wonogiri, dengan memberikan hadiah sembako kepada pendonor yang rela menyumbangkan darahnya.

Sebanyak 237 Colt
Menurut Dokter Heri Susanto, stok darah Kamis (14/5) di UDD PMI Cabang Wonogiri tersedia sebanyak 237 colf. Terdiri atas darah golongan A sebanyak 42 colt, darah golongan B (79 colf), darah golongan AB (35 colf) dan darah golongan O sebanyak 81 colf.

Sementara itu, jajaran TNI Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, bersama para relawan donor darah Wonogiri, peduli melakukan Bakti Sosial (Baksos) kemanusia, untuk menyumbangkan darahnya melalui kegiatan donor darah sukarela (Dondarela) lewat pelayanan jemput bola.

Bakti sosial (Baksos) Dondarela jemput bola di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan Rabu (13/5), diprakarsai Camat Bulukerto, Sriyanto, bersama dua anggota TNI dari Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, Sertu Heri dan Koptu Widodo.

blank
Donor darah massal dilaksanakan di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Pengambilan darah dilakukan melalui pelayanan jemput bola.

Kebutuhan Meningkat
Pengambilan darah dilakukan oleh tim dari UDD PMI Cabang Wonogiri, yang datang ke Kecamatan Bulukerto dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berkaitan dengan langkah pencegahan wabah virus corona.

Menurut Dokter Heri Susanto, selama pandemi Covid-19, kebutuhan darah bagi pasien di sejumlah rumah sakit mengalami peningkatan. Di sisi lain, warga masyarakat cenderung menunda donor, karena berkaitan dengan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Kegiatan donor darah sukarela, sangat diharapkan untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

blank
Agenda pelayanan jemput bola donor darah massal, telah diprogramkan oleh PMI Cabang Wonogiri, sesuai jadwal yang telah disusun ini.

”Ketersediaan stok darah di PMI harus diupayakan selalu terpenuhi, sehingga membutuhkan dukungan dari semua komponen masyarakat untuk menjadi pendonor,” jelas Dokter Heri Susanto.

Sertu Heri selaku Babinsa dari Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, menyatakan, merasa bahagia bisa membantu sesama yang membutuhkan darah. Kepada warga masyarakat, diimbau untuk secara sukarela ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya melalui pelayanan dondarela model jemput bola.

Agenda pelayanan Dondarela jemput bola yang akan dilakukan UDD PMI Cabang Wonogiri, Jumat (15/5), bertempat di Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno. Kemudian Sabtu (16/5), di pendapa Kecamatan Jatisrono, Senin (18/5) di pendapa Kecamatan Jatiroto, dan Rabu (20/5) di Purkesmas Giriwoyo 2.

Bambang Pur

blank

blank

blank

blank

blank