blank
BERBINCANG - Bupati Brebes Idza Priyanti berbincang dengan salah seorang anak yatim penerima bantuan.

BREBES (SUARABARU.ID) – Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes gencar menyalurkan bantuan. Bantuan untuk anak yatim piatu di luar panti asuhan dan santunan kematian bagi keluarga miskin dan sembako diberikan secara simbolis untuk menghindari kerumunan.

“Saya, dan masyarakat Brebes membutuhkan doa dari anak yatim agar Covid-19 segera sirna, Corona berakhir,” harap Bupati Brebes Idza Priyanti saat pemberian santunan secara simbolis kepada para anak yatim di luar panti asuhan, di Pendopo Kabupaten, Senin (4/5).

Untuk menghindari kontak fisik, penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 10 orang anak yatim dari 300 anak yang yatim se-Kecamatan Brebes. Penyaluran akan diberikan kepada yang berhak melalui desa masing-masing.

Idza berharap bantuan yang diterima bisa bermanfaat, apalagi dalam menghadapi Wabah Covid-19. Dia berpesan kepada seluruh anak yatim piatu penerima bantuan agar ceria, semangat dan tekun belajar supaya kelak bisa menggapai cita cita yang diinginkan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes Drs Khambali melaporkan, bantuan sosial yatim piatu di luar panti asuhan diserahkan kepada 5.100 anak Se Kabupaten Brebes. Masing-masing kecamatan sebanyak 300 anak yatim, dengan nominal bantuan sebesar Rp 350 ribu per anak.

Khambali menambahkan, digelontorkan dana sebesar Rp 1,7 miliar untuk anak yatim. Sedangkan bantuan lain berupa santunan kematian bagi warga miskin sebesar Rp 1 juta untuk 1.135 orang yang ada di 13 Kecamatan. “Hingga akhir Maret 2020, yang terverifikasi ada 1.135 orang dari 13 Kecamatan masing-masing Rp 1 juta untuk ahli warisnya,” ungkap Khambali.

“Sementara untuk empat kecamatan yang lain yaitu Kecamatan Bumiayu, Paguyangan, Sirampog dan Banjarharjo hingga hari ini belum melakukan pengajuan,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranasda yang merupakan suami bupati Brebes Warsidin, Asisten I dan Asisten III Setda Brebes, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Sosial, Camat Brebes dan perwakilan Kepala Desa se Kecamatan Brebes.

Nur Muktiadi