SEMARANG (SUARABARU.ID) – Salah satu sejarah yang bakal langgeng dicatat warga Kota Semarang adalah merayakan peringatan hari jadi di tengah pandemi. Namun seolah jadi berkah yang menyertai, penghargaan sebagai kota dengan perencanaan dan pencapaian terbaik nasional juga berhasil diraih oleh Ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk warga Kota Semarang karena pada hari ini, Sabtu (2/5) Kota Semarang telah berusia 473 tahun. “Selamat hari ulang tahun ke-473 untuk Kota Semarang yang,” kata Ganjar, Sabtu (2/5).

Namun karena masih menghadapi masa pandemi, Ganjar berharap warga Semarang bisa menjadi contoh bagi warga daerah lain dalam menyikapi covid-19 ini. Terlebih Kota Semarang saat ini telah menerapkan status Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

“Tentu di tengah wabah seperti ini layak kemudian seluruh warga Kota Semarang untuk mendukung tertib, mendukung jaga jarak, mendukung pakai masker, mendukung cuci tangan bersih terus menerus,” kata Ganjar.

Karena Ganjar menyadari, tanpa peran serta warga, penetapan status apapun tidak akan ada artinya. Terlebih setelah Gugus Tugas covid-19 memprediksi salah satu kota yang bisa menjadi episentrum baru penularan virus corona selain Jabodetabek adalah Semarang.

“Mau atau tidak, jika masyarakat menghendaki pageblug ini segera berakhir maka warga harus semakin ketat menerapkan protokol kesehatan. Tentu saja ini bagian dari rasa cinta kita pada Kota Semarang. Kita dukung terus Kota Semarang untuk bekerja bersama-sama” katanya.

Namun Ganjar juga bersyukur, meski tengah menghadapi masa sulit di hari peringatan HUT ke-473 ini, sebuah prestasi juga ditorehkan oleh Kota Semarang sebagai kota terbaik dalam perencanaan dan pencapaian. Bagi Ganjar ini adalah sebuah berkah di tengah musibah.

“Tepat ketika ulang tahun Kota Semarang dinobatkan secara nasional sebagai kota yang terbaik dalam perencanaan. Selamat sekali lagi,” katanya.

Hery Priyono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini