blank
Aleksander Ceferin/dok

NYON (SUARABARU.ID) – Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) telah memberi tahu Persatuan Sepak Bola Spanyol (RFEF) kalau tim yang finis di urutan tujuh pada klasemen akhir Liga Primer Spanyol (LaLiga) akan langsung lolos ke Liga Europa musim 2020-2021. Tim-tim yang lolos ke Liga Champions dan Liga Europa 2020-2021 diambil dari urutan dalam klasemen akhir musim. Ketua UEFA Aleksander Ceferin mengemukakan hal itu di markas besarnya, Nyon, Swiss, kemarin.

Untuk Liga Champions, empat tim teratas bakal melenggang ke kompetisi klub terelite se-Eropa itu. Di Liga Europa, hanya klub yang finis di urutan kelima dan keenam yang bisa lolos ke babak grup lewat jalur liga. Meski demikian, ada jalur lain untuk lolos ke Liga Europa, yakni melalui Copa del Rey.

Namun, serangan wabah virus korona membuat Copa del Rey tidak bisa dilanjutkan. Copa del Rey sudah memasuki final yang mempertemukan Athletic Bilbao dan Real Sociedad. Untuk itu, UEFA memutuskan tim yang berhak atas satu tiket sisa ke Liga Europa ditentukan melalui peringkat dalam klasemen akhir musim, bukan siapa yang berhasil menjuarai Copa del Rey.

Hal ini sebenarnya bisa menimbulkan kontroversi karena dengan aturan UEFA, Bilbao merasa dirugikan. Sebab, saat ini mereka berada di urutan ke-10 dalam klasemen sementara LaLiga. Kemungkinan LaLiga musim ini dihentikan masih terbuka.

Jika itu terjadi, maka Bilbao kehilangan kesempatan untuk tampil di kompetisi Eropa. Seandainya kompetisi akhirnya dihentikan, tim yang akan mendapat keuntungan adalah penghuni peringkat tujuh saat ini, Valencia. (rr)