blank
Staf KJRI New York mengunjungi WNI lansia, dan memberikan bantuan bahan makanan, masker/sarung tangan yang merupakan program KJRI Peduli. Foto: ist-KJRI NY

NEW YORK (SUARABARU.ID) – Sebanyak 41 orang WNI (warga negara Indonesia) yang tinggal di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia New York dinyatakan positif covid-19. Dari jumlah itu, 11 orang  meninggal, delapan orang masih dirawat di rumah sakit dan sembilan orang dinyatakan sembuh.

Hal itu disampaikan pejabat Konsulat Jenderal RI di New York, berdasarkan laporan yang diterima oleh KJRI New York sampai dengan tanggal 30 April 2020, melalui rilis yang diterima SUARABARU.ID, Jumat malam (1/5).

blank
Data WNI di wilayah kerja KJRI New York yang terpapar covid-19. Foto: KJRI NY

Dikatakan, hingga tanggal 30 April 2020, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah mencatat terdapat 1.064.836 kasus covid-19 di Amerika Serikat. Dari jumlah itu, sebanyak 61.680 orang meninggal. “Sementara itu, jumlah kasus di 15 negara bagian wilayah kerja KJRI New York adalah sebanyak 627.119 dengan jumlah meninggal sebanyak 41.491,” katanya.

blank
WNI lanjut usia yang tidak terpapar covid-19 yang tinggal di di dekat RS Elmhurst New York yang menjadi pusat penyebaran virus corona menerima bantuan dari KJRI New York. Foto: KJRI NY

Negara bagian New York, tambahnya, merupakan wilayah dengan jumlah kasus tertinggi dengan total kasus sebanyak 304.372 serta jumlah meninggal sebanyak 23.780. “Sementara itu jumlah kasus di New York City adalah sebanyak 167.478 dengan jumlah meninggal terkonfirmasi covid-19 (confirmed) sebanyak 12.287, dan belum terkonfirmasi (probable) sebanyak 5.302,” ujarnya.

Jumlah 41 orang yang terpapar covid-19 tersebut, di luar WNI yang mungkin terpapar tetapi tidak atau belum melaporkannya ke KJRI. “KJRI kembali mengimbau masyarakat Indonesia untuk terus memperhatikan dan mematuhi arahan otoritas setempat, menghindari kerumunan dan mempraktikkan physical distancing, serta selalu menjalani pola hidup yang sehat,” kata dia.

Kepada WNI yang berada di wilayah kerja KJRI New York, bila membutuhkan informasi atau bantuan medis terkait covid-19, dapat menghubungi nomor 311 (Kota New York), dan dalam keadaan darurat, hubungi 911.

KJRI New York Peduli

Ditambahkan, dalam rangka misi perlindungan warga negara Indonesia di tengah situasi pandemi covid-19, Tim Satgas Covid-19 KJRI New York membagikan paket bantuan “KJRI New York Peduli”.

“Bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan masker/sarung tangan kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, KJRI New York menyampaikan bantuan ‘KJRI New York Peduli’ melalui pos ke warga negara Indonesia di 15 wilayah kerja KJRI New York,” katanya.

Penyaluran bantuan untuk warga Indonesia melalui ‘KJRI New York Peduli’ dilakukan berdasarkan prioritas penerima bantuan dengan kriteria yaitu warga Indonesia lanjut usia khususnya yang hidup sebatangkara tanpa sanak keluarga. Selain itu juga warga Indonesia yang terpapar covid-19 yang sedang menjalani karantina mandiri di rumah, serta mahasiswa/pelajar Indonesia yang terdampak covid-19

Wied-trs