blank
Polisi menggelar rapat koordinasi bersama pemkab. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi 2020 digelar di Aula Bhayangkara Polres Magelang, Selasa (27/4). Penanganan covid-19 di Kabupaten Magelang juga jadi pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso mengatakan, kegiatan itu dalam rangka sinergitas dan koordinasi. “Melihat kebijakan pemerintah terkait penanganan covid-19 ini kita harus tertib menaatinya,” katanya.

Penanggulangan wabah virus corona, lanjutnya menjadi prioritas utama dari lainnya. “Dengan pertemuan ini penyamaan persepsi sangat dibutuhkan dan semoga setelah ini ada kontribusi nyata untuk menekan penyebaran virus corona,” tandasnya.

Sementara itu Asisten 1 Setda Magelang Iwan Sutiarso mengapresiasi pertemuan itu. Diakui operasi Ketupat Candi 2020 berbeda dari sebelumnya. Karena dengan kondisi yang luar biasa, waktunya juga lebih panjang selama 37 hari dan di tengah wabah virus corona.

Dia mengungkapkan, memaksimalkan SDM lokal dari berbagai sektor sangat dibutuhkan. Namun, sinergitas harus ada dan selalu dijaga. Karena itu merupakan hal yang penting.

Dengan sinergitas dan sinkronisasi berbagai informasi dan data semoga tujuan operasi Ketupat Candi tercapai. Dengan catatan tetap sesuai protokol kesehatan dalam bertugas. Hal itu karena pasti akan banyak bertemu orang.

Gangguan Lain

Iwan juga menyampaikan bahwa akhir-akhir ini terus disampaikan terkait gangguan kesehatan di tengah masyarakat dengan adanya wabah virus corona. “Yang perlu kita antisipasi yakni dampaknya yang sangat besar. Jangan sampai muncul gangguan lain mulai dari sosial, ekonomi dan ujungnya adalah gangguan keamanan,” imbuhnya.

DIa juga berpesan untuk mengantisipasi perkembangan isu-isu yang beredar di masyarakat melalui media sosial. “Banyak isu hoaks yang cepat menyebar melalui media sosial, dan tidak bisa kita hindari saat ini digitalisasi sangat berperan. Namun jangan sampai dampaknya dapat menimbulkan gangguan keamanan juga,” tandasnya.

Dandim Letkol CZi Anto Indriyanto menyatakan siap menyukseskan kegiatan itu. Karena efeknya positif jika  bersinergi dan kelihatan kompak. Sedangkan Kasat Lantas Polres Magelang AKP Fadli mengatakan bahwa operasi Ketupat Candi 2020 ini jenisnya operasi pemeliharaan keamanan. Operasi  berlangsung mulai 24 April hingga 13 Mei 2020.

Operasi itu  mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan penegakan hukum. Serta bantuan operasi dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan pelarangan mudik guna mencegah penyebaran wabah covid-19. Dengan harapan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Dia juga menjabarkan, rencana terdapat delapan titik pospam yang akan didirikan di wilayah Kabupaten Magelang, yakni Pospam depan Terminal Secang, Pospam Terpadu Terminal Secang, Pospam depan Artos Hotel Mertoyudan, Pospam depan BRI Salaman. Ada juga Pospam Terpadu Terminal Salaman, Pospam depan Pasar Muntilan, Pospam Terpadu Terminal Muntilan dan Pospam Tugu Ireng Salam.

Eko Priyono-trs