SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Semarang (USM), memberikan pendampingan dalam peningkatan kualitas layanan pengelola penginapan di Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunagoro I, yang ada di Jalan Tambak, Dusun Sukuh, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, belum lama ini.
Tim PKM USM terdiri dari Ketua Herman Novry Kristiansen Paninggiran SE MMPar, anggota Bram Arvianto SE MMPar, dan Agnesia Putri K ST MT MSc. Dalam keterangannya Herman mengatakan, kegiatan diikuti 15 peserta dari masyarakat sekitar Tahura, yang bekerja sebagai pengelola Homestay.
Menurut dia, kualitas layanan menjadi kunci utama dalam meningkatkan kepuasan tamu. Oleh karena itu, penting sekali untuk meningkatkan kualitas layanan, baik dalam menerima tamu, penataan kamar, melayani dalam makanan dan minuman.
BACA JUGA: Tim PKM Dosen USM Beri Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan
”Dengan demikian, kita dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi tamu, dan meningkatkan keunggulan dalam industri pariwisata,” katanya.
Disampaikan juga, penyajian makanan dan minuman bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan tamu, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman yang berkesan. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas penyajian makanan dan minuman, serta memastikan setiap tamu merasa puas dan nyaman, menjadi prioritas utama.
”Kami berharap, kegiatan ini membawa dampak positif bagi pengelola penginapan di Tahura KGPAA Mangkunegoro I,” ujarnya.
BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pendampingan Teknis Pemasangan Bronjong di Dusun Sukuh
Salah satu pengelola Tahura, Dhidhit Suryono SHut, memberikan apresiasi positif terhadap tim PkM USM yang telah membagi ilmunya. Dia berharap, ke depan ada kegiatan serupa untuk menambah pemahaman karyawannya.
”Pelatihan ini sangat bagus. Kami berterima kasih kepada tim PKM USM yang telah membantu peningkatan kualitas layanan, pada pengelola Tahura,” ungkapnya.
Riyan