blank
Sri Hardiyani saat melakukan sosialisasi tentang penggunaan masker di Pasar Pagi Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pedagang pasar di Pasar Pagi Purwodadi merasa senang saat mendapatkan masker dari para ibu-ibu PKK Kelurahan Purwodadi, Sabtu (25/4/2020). Usai mendapatkan masker, mereka langsung mengenakannya dan mendengarkan edukasi langsung dari Sri Hardiyani, ketua TP PKK Kelurahan Purwodadi.

Usai melakukan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan masker ketika berada di luar rumah serta mencuci tangan dengan air dan sabun, rombongan melanjutkan pembagian masker kepada pengguna jalan di perempatan Jalan R. Suprapto, tepatnya di perempatan eks kantor PUK.

blank
Seorang petugas Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwodadi saat ikut serta membagikan masker kepada pengendara yang tidak menggunakan alat pelindung diri tersebut. Foto : Hana Eswe.

Di tempat ini, rombongan dikelompokkan menjadi tiga lokasi untuk membagikan masker. Terlihat pada saat kegiatan tersebut, beberapa pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan masker.

Didampingi anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Purwodadi, Sri Hardiyani langsung menghampiri pengendara tersebut dan menyerahkan masker berbahan kain itu. “Mohon diterima masker dari ibu-ibu PKK Kelurahan Purwodadi ini. Tolong dipakai langsung. Ini sedang wabah covid-19 dan harus pakai masker saat keluar rumah,” ujarnya.

Tak hanya para pengendara motor dan pesepeda juga tukang becak saja. Para pejalan kaki yang sedang melintas di jalur tersebut juga menerima masker dan segera memasangnya di hadapan para anggota TP PKK ini.

Setelah dirasa cukup membagikan masker di perempatan Jalan R. Suprapto ini, kegiatan dilanjutkan untuk membagikan masker kepada para pedagang di Pasar Umum Purwodadi. Kedatangan mereka langsung disambut baik oleh para pedagang. Mereka sangat antusias saat diberi masker dan sedikit pengarahan dari anggota TP PKK Kelurahan Purwodadi ini.

Seluruh pedagang di lantai atas dan bawah mendapatkan masker gratis tersebut. Tak hanya itu, para pembeli yang tidak mengenakan alat pelindung tersebut langsung diminta untuk menggunakan masker.

Sri Hardiyani menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian anggota TP PKK Kelurahan Purwodadi dalam rangka ikut serta dalam pencegahan covid-19. Sasaran utama difokuskan kepada pedagang dan pembeli di Pasar Pagi dan Pasar Umum Purwodadi.

Selain itu, masyarakat pengguna jalan yang tak menggunakan masker di perempatan Jalan R. Suprapto ini juga tidak luput jadi perhatian mereka dalam kegiatan ini.  “Hari ini kami dari PKK Kelurahan Purwodadi melakukan pembagian masker kepada para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi dan Pasar Umum Purwodadi. Kemudian, tadi kami juga melakukan pembagian masker kepada pengendara yang tidak memakai masker di perempatan Dinas Infokom Grobogan.”

“Kami merasa senang juga saat mereka sangat antusias dengan kegiatan kami. Harapan kami, adanya pembagian masker ini bisa bermanfaat bagi mereka. Meski tidak banyak jumlahnya, namun kami berharap mereka juga menjaga kebersihan dirinya sendirim Salah satunya juga dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun,” ujar istri dari Hendro Sutopo ini.

Ditambahkan, 1000 masker yang dibagikan ini merupakan hasil donasi yang dikumpulkan ibu-ibu PKK Kelurahan Purwodadi, karyawan dan karyawati Kelurahan Purwodadi serta seorang donatur atas nama Agung Winata.

Hana Eswe-trs