blank
Ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan. Foto: Ist

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)-  Pasien positif covid-19 di Kabupaten Temanggung meningkat menjadi 21 orang. Bertambahnya pasien  tersebut, setelah hasil swab test kedua terhadap warga Temanggung yang beberapa waktu mengikuti ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan keluar pada Sabtu (25/4).

blank
Bupati Temanggung M Al Khadziq

“Hasil swab test yang kami terima pada Sabtu ini sebanyak 10 orang yang termasuk dalam klaster Gowa, hasilnya positif. Dan ke-21 orang tersebut saat ini dirawat di RSUD Djojonegoro Temanggung,” kata kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto, Sabtu (25/4).

Gotri mengatakan,  tim gugus tugas bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung juga telah  melakukan penelusuran terhadap orang yang pernah kontak langsung dengan mereka. Dari hasil tracking tersebut, ditemukan 19 orang dinyatakan  positif  dari hasil reaktif rapid.

Dengan adanya 19 orang yang dinyatakan  positif  dari hasil reaktif rapid, pihaknya bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung  akan melakukan swab tes terhadap 19 orang tersebut.

Gotri juga meminta agar masyarakat yang pernah kontak langsung dengan orang yang  pernah mengikuti ijtima ulama  di Gowa, untuk jujur sehingga memudahkan pemerintah dalam menanganinya.

“Bila ada masyarakat ada yang pernah kontak langsung dengan mereka dan mengalami gejala mirip terpapar virus corona, segeralah berobat ke puskesmas terdekat,” kata Gotri yang juga menjabat Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Temanggung ini.

Selain itu, ia berharap tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi himbauan dari pemerintah seperti memakai masker bila keluar rumah,  mencuci tangan memakai sabun sesering mungkin.

Transmisi Lokal

Sementara itu, Bupati Temanggung  M Al Khadziq mengatakan, salah satu dari pasien klaster Gowa tersebut telah menularkan virus corona secara transmisi local, yakni dari bapak  ke anak yang  baru berusia tujuh tahun.

“Anak tersebut satu rumah dengan bapaknya yang lebih dulu positif covid-19. Ini merupakan  kasus pertama di Kabupaten Temanggung terjadinya transmisi lokal virus cvorona,” katanya.

Menurutnya, anak yang terpapar Virus Corona dari bapaknya tersebut ,saat ini sudah dirawat di RSUD Temanggung dan didampingi oleh ibunya.

Yon-trs