blank
TURUNKAN JENAZAH - Anggota Polres Tegal tengah menurunkan jenazah covid-19, saat melakukan simulasi.

SLAWI (SUARABARU.ID) – Merebaknya virus corona hingga memakan korban meninggal, membuat Kepolisian Resor Tegal menggelar simulasi cara penanganan dan pemakaman korban meninggal akibat terpapar covid-19.

Pada kegiatan yang berlangsung di lapangan Aspol Kalibliruk Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, Senin (20/04/2020) pagi, dihadiri Kepala Kepolisian Resor Tegal AKBP M Iqbal Simatupang SIK didampingi Wakapolres Kompol Heru Budiharto SIK MIK dan diikuti pejabat utama, para Kasat, para perwira serta anggota Polres Tegal.

Kapolres mengatakan bahwa kegitan simulasi ini merupakan tatacara penanganan jenazah covid-19, dan personel Polres Tegal dilatih cara mengurus dan pemakaman korban.

“Kegiatan simulasi ini adalah sebagai antisipasi apabila korban meninggal akibat terpapar virus covid-19 ditolak dimakamkan oleh warga. Kita melatih anggota secara khusus untuk mengurus dan melaksanakan pemakamannya,” jelas Kapolres Tegal di lokasi simulasi pemakaman.

Dia menambahkan bahwa anggota yang akan mengurus dan memakamkan korban covid-19 terlebih dahulu melengkapi diri dengan alat pelindung diri (APD) agar tidak terpapar. Setelah melakukan pemakaman jenazah personil polisi melakukan pembersihan diri satu persatu.

“Kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT semoga ini hanyalah simulasi dan tidak ada korban jiwa lagi akibat terpapar virus covid-19,” ungkap Kapolres.

Nur Muktiadi