blank
BENDERA START - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono bersiap mengibarkan bendera start tanda dimulainya distribusi paket sembako kepada warga miskin. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Jelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal 23 April 2020 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, membagikan 14.111 paket sembako bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19.

Bantuan ditandai dengan peluncuran oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, di halaman pendopo Ki Gede Sebayu, kompleks Balai Kota Tegal, Senin (20/4/2020).

Dalam pendistribusian paket sembako, Pemkot melibatkan angkutan kota dan becak untuk membantu memberdayakan mereka saat wabah covid-19. Warga tidak perlu keluar rumah, namun bantuan telah didistribusikan.

Dedy Yon mengatakan, bantuan sembako tersebut disalurkan kepada keluarga miskin di Kota Tegal. “Kami berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban masyarakat miskin, dalam menghadapai wabah covid-19,” katanya.

Selain itu, Dedy Yon juga mengingatkan, pemberlakuakn PSBB di Kota Tegal mulai 23 April selama 14 hari. Namun pihaknya berencana akan mengajukan kembali perpanjangan pemberlakuan PSBB sampai satu bulan, dan berakhir pada 23/5 mei mendatang.

Pada saat pelaksanaan PSBB, lanjutnya, semua pihak bisa membantu kelancaran, sebab jika hanya Pemkot saja yang menangani pelaksanaan PSBB tanpa ada bantuan dari TNI, Polri, masyarakat dan semua pihak, maka mustahil PSBB ini bisa berjalan dengan lancer.

Dengan pemberlakuan PSBB ini, Dedy Yon berharap tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 lagi di Kota Tegal.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta menyampaikan, bahwa sasaran bantuan tersebut adalah warga miskin kota Tegal yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diluar penerima PKH dan BPNT sejumlah 14.111 KK.

Ditambahkan, bantuan diberikan agar warga miskin terdampak bencana non-alam covid-19, terbantu pemenuhan pangan selama adanya wabah covid-19.

Sedangkan waktu penyaluran dilaksanakan selama tiga kali, yaitu April, Mei, dan Juni. Pembagian dilakukan setiap tanggal 15 sampai 20 setiap bulan.

Dyah Kemala Shinta menjelaskan, paket sembako tersebut berisi, beras 5 kg, sarden 1 kaleng kecil, mie instan 6 bungkus, teh 1 pak, kecap 1 botol kecil dan satu kaleng susu kental manis.

Nino Moebi