blank
H Faizun SAg, Ketua Komisi D DPRD Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Komisi D (Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat) DPRD Wonosobo Faizun, Sabtu (18/4), mengajak warga setempat untuk stay at home (tetap berada di rumah) selama pandemi Corona belum berakhir.

“Sebab dengan tetap berada di rumah, mata rantai penyebaran dan penularan virus Corona bisa putus. Boleh keluar rumah cuma untuk keperluan yang sangat penting, seperti belanja kebutuhan pokok atau berobat,” katanya.

Menurutnya, kondisi Wonosobo saat ini, sudah semakin genting. Pasalnya, jumlah warga yang dinyatakan positif Corona mencapai 17 orang. Status daerah sudah tidak waspada tapi masuk level awas atau gawat darurat Corona.

Terapkan PHBS

“Warga harus lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sudah tidak saatnya lagi siapapun abai terhadap pandemi global Covid-19. Sebagai penyakit menular, peran warga sangat urgen untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan Cina ini,” tegasnya.

Pihaknya meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten/Kecamatan/Desa/ Kelurahan, lebih intens lagi dalam melakukan pencegahan dan sosialisasi bahaya penyebaran virus Corona.

“Tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat perlu lebih giat melakukan edukasi ke warga. Pola hidup bersih dan sehat (PHBS), jaga jarak antar sesana, pakai masker bila keluar rumah dan hindari berkerumun banyak orang harus benar-benar diterapkan,” ingatnya.

Muharno Zarka-Wahyu