Antisipasi Mudik Dini, Bupati Brebes Cek Kesiapan Posko Covid-19

199
0
blank
PAKAIKAN MASKER - Bupati Brebes Idza Priyanti memakaikan masker kepada salah seorang warga.

BREBES (SUARABARU.ID) – Menghadapi serbuan pemudik yang pulang lebih awal atau mudik dini ke kampung halaman, Bupati Brebes Idza Priyanti mengecek kesiapan Posko Covid-19 di desa-desa.

Idza ingin memastikan petugas hingga peralatan medis yang memadai tersedia di tiap posko. Dalam kesempatan tersebut, dia juga membagikan masker gratis kepada warga desa.

“Saat ini, saya bersama Gugus Tugas Covid-19 meninjau posko desa. Saya lihat kesiapannya, alhamdulillah luar biasa,” ucap Idza saat menyambangi Posko 1 Pemeriksaan Covid-19 Desa Kalijurang dan Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, kemarin.

Pemudik yang datang, kata Idza, langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan. Mulai dari suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan pembagian masker. Petugas juga telah melakukan sosialisasi kepada warga.

“Sudah seharusnya di setiap desa melakukan upaya preventif seperti ini. Semoga wabah corona atau covid 19 ini akan cepat berakhir,” harapnya.

Idza juga turut menyemangati dan memberi bantuan kesediaan konsumsi makanan dan minuman bagi petugas, karena petugas berjaga bergantian selama 24 jam.

Kepala Desa Kalijurang Edi Riyanto menjelaskan, pemerintah desa Kalijurang sudah mengoperasikan 3 posko pemeriksaan kesehatan di 3 pintu masuk desa. Secara ketat memeriksa keluar masuknya warga, terutama para pemudik dini.

“Posko pemeriksaan pemudik ini sudah berjalan dua minggu lebih sejak 28 Maret, dan sekitar 700 pemudik sudah pulang ke di desa,” tuturnya.

Kades menjelaskan para pengendara yang masuk desa diperiksa, terutama pemudik diturunkan dan masuk ke bilik semprot, selanjutnya pendataan alamat. Jika terjadi indikasi akan ditindaklanjuti ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan.

Sulaiman Ros