blank
Kepala Desa Teguhan, Karsono, melakukan imbauan kepada warga untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kekompakan terlihat di Desa Teguhan, Kecamatan Grobogan. Kaum perempuan dan laki-laki melakukan kegiatan sosial untuk mencegah penyebaran covid-19.

Untuk kaum perempuan yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga melakukan penyemprotan disinfektan. Dengan menggendong tabung sprayer, mereka menyemprot disinfektan dari rumah ke rumah.

Hal yang tak biasa ini dilakukan para ibu rumah tangga. Wajarnya mereka melakukan kegiatan rumah tangga, seperti memasak, mencuci pakaian, menyetrika dan kegiatan rumah tangga lainnya. Namun, adanya kegiatan ini membuat mereka tertantang untuk melakukannya.

blank
Seorang pengendara melintas diberi masker gratis dan dibantu cara menggunakannya. Foto : Hana Eswe

“Hari ini kami para ibu rumah tangga dari Desa Teguhan melakukan penyemprotan disinfektan. Kami semuanya kompak untuk melakukan penyemprotan ini demi memutus mata rantai covid-19 dan kami juga melakukan ini untuk mencegah masuknya virus corona di desa kami,” jelas Roekanah, perwakilan ibu rumah tangga di desa tersebut, Senin (13/4/2020).

Sementara kaum pria tidak hanya berdiam diri saja di rumah, saat istri mereka melakukan penyemprotan disinfektan. Mereka justru melakukan kegiatan sosial yang sama dengan cara yang berbeda, yakni membagikan masker.

Di jalan raya Desa Teguhan, mereka membagikan masker kepada para pengendara yang tidak menggunakan alat pelindung diri tersebut. Padahal, dalam kondisi seperti ini penggunaan masker sangat dianjurkan supaya tercegah dari covid-19 tersebut.

Para pengendara yang tak menggunakan masker patuh saat diberhentikan oleh sekumpulan pria tersebut. Mereka diberikan masker dan diminta menggunakannya sebelum melanjutkan perjalanan.Dalam pembagian masker ini dipimpin Kepala Desa Teguhan, Karsono, didampingi babinsa dan bhabinkamtibmas setempat.

blank
Ibu rumah tangga melakukan penyemprotan disinfektan di jalan kampung di Desa Teguhan. Foto : Hana Eswe.

Yang unik dalam kegiatan pembagian masker ini yaitu adanya seorang warga yang belum paham cara menggunakan masker kain. Petugas langsung menolongnya menggunakan masker.

“Saya benar-benar belum tahu cara menggunakan masker. Mohon dimaklumi ya, Pak,” ujar Tini, perempuan yang mengendarai motor bersama dua anaknya itu.

Kades Teguhan, Karsono mengungkapkan, dua kegiatan tersebut diprakasai langsung pemerintah desa Teguhan. Ia bersama perangkat desa dan BPD Teguhan melakukan kegiatan sosial ini untuk mecegah masuknya wabah covid-19.

“Alhamdulilah, masyarakat senang dengan adanya bantuan penyemprotan disinfektan ke seluruh desa dan pembagian masker bagi pengendara yang melintas di jalan raya Teguhan ini. Mereka juga sadar akan pentingnya pencegahan covid-19 dan harapan kami agar wabah ini segera berakhir dan roda aktivitas masyarakat kembali lancar seperti semula,” ujar Karsono.

Hana Eswe-Wahyu