blank
Rani Sumadyaningrum (kanan) dan Erwin Sulistyani di Puskesmas Grabag
PURWOREJO (SUARABARU.ID)-Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo melakukan pemantauan  langsung  kesiapan pelayananan Puskesmas di Purworejo dalam upaya penangan kasus virus Corona atau Covid 19.
Ketua Komisi IV, Rani Sumadyaningrum mengungkapkan, kunjungan dibagi dibeberapa wilayah sesuai daerah pemilihan masing-masing anggota Komisi IV. Kunjungan dilakukan guna memastikan secara langsung kesiapan Puskesmas yang kini menjadi garda terdepan penanganan pandemi Virus Corona.
“Secara umum penanganan medis Virus Corona di Puskesmas sudah sesuai standar. Dilihat sirkulasi udaranya bagus, pasien yang datang juga diminta cuci tangan dan berjemur terlebih dahulu sebelum dites suhu badanya, serta pelayanan juga dipisahkan dengan pelayanan umum,” kata Rani didampingi anggota Komisi IV, Erwin Sulistiani usai memantau kesiapan Puskesmas Kecamatan Grabag, Rabu siang.
blank
Rani Sumadyaningrum (kanan) dan Erwin Sulistyani di Puskesmas Grabag
Rani mengungkapkan, saat ini pihaknya bersama eksekutif terus megusahakan agar APD serta perlangkapan medis lain dapat segera terpenuhi. Mengingat pemerintah daerah telah merealokasi APBD sebesar Rp35 miliar untuk penanganan Virus Corona secara khusus.
Meski demikian, dalam kondinasi saat ini pihaknya menyadari sulitnya mendapatkan APD lantaran banyaknya permintaan di seluruh Indonesia.
“Memang yang masih menjadi kendala di lapangan adalah masih kekurangan APD, bersama eksekutif kita terus mengusahakan agar pengadaan APD dapat segera terealisasi,” ujar Rani.
“APD kita masih pesan order, beberapa sudah kita dapat seperti masker, tapi kebutuhan masker kita sangat banyak. Kemarin pesan 3000 APD bagi tenaga medis saja kita hanya dapat 130. Pesan rapid test sebanyak 2500 yang datang hanya 3,” sambungnya.
Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Purworejo, Erwin Sulistiani menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat dan memperketat sosial distancing. Dengan menjaga pola hidup sehat dan menjaga imunitas tubuh pihaknya yakin resiko terpapar Virus Corona akan semakin menurun.
“Kepada seluruh masyarakat tetap ikuti apa yang menjadi arahan pemerintah dalam mempersempit penyebaran Corona,” kata Erwin.
Utami-Wahyu