blank
Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Iman Santoso (kanan) saat memimpin aksi berjemur bersama wajib pajak kendaraan bermotor di halaman Samsat Grobogan. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Puluhan warga yang tengah mengantre pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Grobogan diajak dhedhe (berjemur) bersama, Selasa pagi (31/3/2020)

Mereka diminta petugas keluar dari ruangan. Rupanya, mereka diminta untuk berbaris di pelataran parkir dengan jarak satu meter. Dipimpin Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Iman Santoso, SH, para pemohon perpanjangan STNK ini ternyata tengah diajak dhedhe alias berjemur di bawah sinar matahari. Selama 15 menit, terhitung mulai pukul 10.00 – 10.15 WIB, mereka diminta berjemur sembari menggerak-gerakkan anggota tubuhnya.

Tidak hanya para warga saja yang ikut berjemur. Para petugas kantor yang setiap harinya melayani masyarakat juga bergabung dalam kegiatan ini. Tanpa ada sekat antara satu dengan yang lain, mereka bersama-sama melakukan gerakan di bawah sinar matahari tersebut.

Vita, salah satu warga, mengaku kaget saat diminta petugas untuk keluar dari ruangan. Sebelumnya, ia berpikir ada peristiwa yang baru saja terjadi. Namun, ternyata petugas mengajak ia dan warga yang lain untuk berjemur.

“Kaget saja. Tiba-tiba lagi mau bayar pajak diajak keluar sama petugas. Saya pikir ada apa, ternyata diajak berjemur. Tapi saya tidak keberatan, ini memang bagus untuk pencegahan corona,” komentar Vita.

Menurut Iptu Iman, kegiatan ini dilakukan setiap hari pasca diberlakukannya status darurat corona di wilayah Jawa Tengah. Meski di Kabupaten Grobogan belum terdapat informasi mengenai pasien positif penyakit tersebut, namun kegiatan tersebut tetap dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona.

“Hari ini, kita mengajak petugas dan masyarakat wajib pajak untuk berjemur. Ini merupakan salah satu cara menangkal penyebaran virus corona atau covid-19 dan bisa dilihat sendiri mereka antusias mengikuti kegiatan berjemur ini,” jelas Iptu Iman.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Senin-Sabtu, yakni selama operasional Samsat Grobogan. Tak hanya petugas kepolisian saja yang ikut berpartisipasi saat berjemur bersama. Petugas dari Jasa Raharja serta Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UPPD) Grobogan juga ikut serta dalam kegiatan ini.

“Namanya Samsat Bersama, jadi di sini semua petugas, baik itu dari unit regident Polres Grobogan, Jasa Raharja dan UPPD Grobogan, semuanya ikut berjemur di sini,” pungkas Iptu Iman.

Hana Eswe-Wahyu