blank
PURWOREJO(SUARABARU.ID)-Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) memang diperlukan kerja sama semua pihak. Kali ini, sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Purworejo yang tergabung dalam Gerakan BUMD Peduli, menyumbang alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
Sebanyak 15 unit alat CTPS akan dipasang di sejumlah fasilitas umum (fasum).
Acara serah terima sarana CTPS dilakukan di Pendopo Hotel Ganesha hari ini (31/3). Bantuan diterima langsung oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, disaksikan para Direktur BUMD dan sejumlah pejabat OPD.
Pada kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, atas kepedulian dari semua BUMD yang dimiliki Pemkab untuk mencegah penyebaran Covid-19.
blank
Bupati menerima bantuan alat CTPS dari Gerakan BUMD Peduli

“Bantuan ini akan sangat bermanfaat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona. Sekaligus dapat mendidik masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun. BUMD telah hadir untuk masyarakat Purworejo melalui bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan seluruh masyarakat Purworejo dalam keadaan sehat,” kata Bastian.

Ketua Gerakan BUMD Peduli, Wahyu Anggoro menjelaskan bahwa,  BUMD tergerak untuk memberikan bantuan kemanusiaan ditengah kondisi Indonesia yang sedang menghadapi wabah virus Corona.
“Kami tergerak untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Hari ini kami serahkan alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sejumlah 15 unit. Semoga bantuan kami ini bermanfaat bagi sesama dan berkah untuk kita semua,” terang Wahyu.
Adapun alokasi pemasangan CTPS sebagai berikut, Pasar Suronegaran dan Pasar Baledono masing-masing dua titik. Pasar pagi Tambak, Pasar Kutoarjo, Pasar Grabag, Pasar Kemiri, Pasar Pituruh, Terminal Kongsi, Terminal Kutoarjo, Terminal Induk Grantung, Romansa Kuliner, Shelter PKL Kutoarjo, dan Komplek Setda masing-masing satu titik.
blank
Bupati menerima bantuan alat CTPS dari Gerakan BUMD Peduli. Foto: T Utami

Paket Sembako

Sementara itu, memasuki hari ke-14 karantina terbatas yang berlaku di Kabupaten Purworejo, Pemkab mulai besok (31/3) akan memberikan bantuan paket sembako kepada keluarga ODP dan PDP.

“Melihat keperluan yang sangat mendesak untuk membantu orang yang terdampak virus corona baik berstatus ODP ataupun PDP, Pemkab akan memberikan bantuan langsung mulai besok (1/4). Bantuan ini merupakan langkah awal dari pemerintah daerah untuk memberikan dukungan agar ODP dan PDP terus bertahan,” kata Bupati Agus Bastian pada acara rilis media siang ini Ruang Arahiwan Komplek Setda Purworejo
Satu paket bantuan terdiri dari 20 Kg beras, 30 mie instan, 2 Kg telor, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng. Bagi keluarga yang memiliki bayi akan kami bantu susu bayi. Penerima bantuan  dihitung per KK, karena bisa jadi dalam satu KK ada beberapa ODP.
Sumbangan bantuan kepada 568 ODP bukan anggaran APBD, tetapi dari rekening bantuan peduli covid-19. “Ada sisa rekening saldo tahun lalu dari BPBD yang membuka dompet peduli Purworejo. Sekira Rp 100 juta lebih,” jelas Bastian.
Bupati dan Wakil Bupati juga menyerahkan seluruh gajinya selama masa tanggap darurat Covid-19 ini. Untuk gaji Bupati sebesar Rp 6.148.000 dan gaji wakil bupati Rp 5 juta, masing-masing setelah dipotong pajak.
Taletha Utami