blank
MENYINGKIR: Warga di Jalan A Yani Purwodadi, diminta menyingkir agar tidak terkena semprotan disinfektan. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Kesibukan warga di sepanjang Jalan A Yani, Purwodadi, Selasa (31/3/2020) terhenti sejenak, pascaperingatan para petugas dari Satlantas Polres Grobogan yang meminta kepada seluruh warga, untuk sementara berpindah ke tempat yang aman.

Pasalnya, satu unit kendaraan Water Canon dan dua unit mobil jenis pick-up SUV, pembawa cairan disinfektan, akan melewati jalur itu menuju ke arah barat. Bahkan warga yang tengah berada di jalanan, diminta untuk menyingkir sejenak.

BACA JUGA : Samsat Grobogan Ajak Masyarakat Berjemur Bareng

Tak lama berselang, Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta, yang menumpang sebuah mobil polisi untuk yang pertama, melewati jalur itu sembari mengingatkan kepada warga untuk segera menyingkir.

”Bapak ibu semua, diharapkan semua berada di tempat yang aman dulu, sebab akan ada penyemprotan disinfektan di seluruh jalan protokol dan pusat keramaian di wilayah Kabupaten Grobogan,” ujar Letkol Inf Asman Mokoginta, melalui pengeras suara didampingi Kapolres.

blank
PEMANTAUAN: Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri didampingi Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta dan Kalak BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih, saat melakukan pemantauan. Foto: Hana Eswe

Beberapa detik kemudian, mobil Water Canon milik Sat Sabhara Polres Grobogan datang dan menyemburkan semprotan cairan disinfektan ke jalanan. Cairan itu keluar dari dua alat penyemprot yang berada di atap kendaraan taktis itu.

Penyemprotan cairan disinfektan ini dimulai dari Alun-alun Kota Purwodadi. Sebelum dilakukan penyemprotan, digelar apel bersama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Vrus Corona, yakni BPBD Grobogan, TNI-Polri, Damkar dan Satpol PP.

Apel dipimpin langsung Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan diikuti seluruh personel gabungan, yang terlibat dalam penyemprotan disinfektan ini.

blank
PENYEMPROTAN: Water Canon milik Polres Grobogan melakukan penyemprotan hingga di ujung barat wilayah Kabupaten Grobogan. Foto: hana Eswe/ist

”Hari ini kita melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Grobogan, sebagai amanat dari Kapolri. Khusus di wilayah Kabupaten Grobogan, kami melakukan penyemprotan di 59 titik. Dalam pemnyemprotan ini, kami dibantu dari Kodim 0717/Purwodadi, BPBD Grobogan, Dinas Kesehatan, dan Pemerintah Kabupaten Grobogan,” jelas AKBP Ronny Tri.

Menurut Kapolres, titik penyemprotan disinfektan ini dilakukan menyeluruh hingga ke pelosok kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan. Mulai dari pusat keramaian hingga ke tempat umum yang dilintasi masyarakat. Untuk wilayah kecamatan, penyemprotan langsung dilakukan serentak oleh polsek jajaran se-Kabupaten Grobogan.

”Untuk penyemprotan disinfektan ini tidak hanya kita lakukan hari ini saja. Tetapi kita akan lakukan penyemprotannya rutin ke berbagai tempat, sampai wabah ini benar-benar mereda. Harapannya, biar warga yang di rumah saja. Kami yang bekerja agar tidak ada interaksi. Dan tetaplah jaga jarak, kurangi kerumunan. Kami hanya menginginkan masyarakat untuk mematuhinya saja,” pungkas Kapolres.

Hana Eswe-Riyan