JAKARTA (SUARABARU.ID) – GoFood, layanan pesan-antar makanan bagian dari ekosistem super app Gojek, mulai Kamis (19/3/2020) meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).
Inovasi ini berupa tambahan opsi teks pesan cepat pada fitur chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan-mitra driver.
Layanan baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung himbauan pemerintah bagi masyarakat untuk beraktivitas #DiRumahAja dan menerapkan konsep pembatasan sosial (social distancing) di masa pandemi penyebaran Virus Corona (Covid-19).
Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek, mengatakan bahwa secara proaktif dan konsisten Gojek melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek, termasuk layanan GoFood melalui langkah proaktif meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19).
“Opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung ini menjadi salah satu solusi cepat yang kami kembangkan untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman,” katanya.
Gojek menerangkan tiga langkah mudah bagi pelanggan GoFood agar dapat memilih pengantaran makanan tanpa kontak langsung melalui opsi teks pesan cepat di fitur chat. Pertama, sebelum menekan tombol pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.
Setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur chat dari dalam pesanan GoFood untuk berkomunikasi sama driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan, yaitu ‘Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai’ dan ‘Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai’.
“Bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati,” kata Catherine menjelaskan.
Lebih jauh lagi, GoFood juga meningkatkan keamanan dengan menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan.
Di antaranya, seperti karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan menjaga agar makanan tetap higienis hingga di tangan pelanggan.
“Keselamatan dan kesehatan seluruh ekosistem Gojek adalah prioritas utama. Kami akan terus berupaya membuat inisiatif dan inovasi baru untuk dapat berkontribusi terkait pengurangan risiko penyebaran Virus Corona (COVID-19) seperti saat ini,” tutup Catherine.