blank
TERBAIK: Tim futsal SMAN 3 Sragen tampil sebagai yang terbaik, di turnamen futsal Specs Futsalogy Satelite 2020 Regional 3 Jateng-DIY. Di laga final, SMAN 3 menjegal langkah SMAN 3 Sukoharjo dengan skor 3-1. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim futsal SMAN 3 Sragen, tampil sebagai jawara di turnamen futsal Specs Futsalogy Satelite 2020 Regional 3 Jawa Tengah dan DIY. Di laga final yang digelar di GOR UIN Walisongo, Semarang, Sabtu (14/3/2020), SMAN 3 menggagalkan ambisi SMAN 3 Sukoharjo dengan skor 3-1.

Keberhasilan SMAN 3 Sragen tampil sebagai juara memang tidak diduga Sebelumnya. Pasalnya, tim ini baru saja mengalami kegagalan di sebuah turnamen yang diselenggaraan perguruan tinggi di Solo.

BACA JUGA : Ini Benar-Benar Kebangkitan, atau Geliat Sesaat Setan Merah?

Sang juara ini pun mengawali laga di putaran final dengan hasil tak memuaskan. Pelatih SMAN 3 Sragen, Yustinus Mardi Un mengakui, timnya bermain kurang bagus di babak 8 Besar, saat menghadapi SMAN 16 Semarang.

Namun mereka menunjukkan kerja keras dan penampilan tim makin meningkat di babak semi final dan final. Puncaknya, Suci Ferry Setiawan dkk mampu menggulung rivalnya itu dengan skor meyakinkan.

”Kami mengawali babak 8 Besar secara tak meyakinkan. Namun penampilan pemain terlihat meningkat pada babak semi final hingga di partai final. Mereka menunjukkan semangat yang luar biasa,” kata Yustinus, usai penyerahan hadiah.

Pihaknya mengaku sangat bersyukur, bisa menjadi juara di turnamen ini, setelah sebelumnya mengalami kegagalan di turnamen di Solo. ”Kemenangan dan gelar juara ini kami persembahkan untuk sekolah yang selalu mendukung tim futsal,” ujarnya.

Keberhasilannya menjadi juara ini, mengantarkan SMAN 3 Sragen mendapat kontrak eksklusif dari Specs selama satu tahun. Menurut Marketing Communication Specs, Joko Suryono, sekolah mendapat support dari jersey sampai peralatan futsal yang menjadi inventaris sekolah.

”Juara di masing-masing regional kami kontrak secara eksklusif selama satu tahun. Sekolah yang menjadi juara, akan kami support apparel, mulai dari jersey, peralatan futsal, hingga sepatu. Dan itu akan menjadi inventaris sekolah,” kata Joko.

Dia menilai, persaingan di putaran 8 Besar regional ini memang berjalan sangat ketat. Dia menyebutkan empat tim yang masuk babak semi final, yakni SMAN 3 Sragen, SMAN 3 Sukoharjo, MA Mualimin Yogyakarta, dan SMAN 5 Semarang, menunjukkan penampilan dengan kualitas yang bagus.

blank
KECOH PEMAIN: Salah satu pemain SMAN 3 Sragen (jersey hitam), berusaha mengecoh pemain SMAN 3 Sukoharjo, pada laga final yang digelar di GOR UIN Walisongo, Semarang, Sabtu (14/3/2020). Foto: dok/ist

Luar Jawa
Pada perebutan posisi ketiga, MA Mualimin berhasil menyingkirkan SMAN 5 Semarang, dengan skor mencolok 6-2. Turnamen berlabel Specs Futsalogy Regional Jateng-DIY ini sendiri, diikuti sebanyak 32 tim.

Menurut dia, turnamen futsal antar-SMA ini tidak memakai sistim pendaftaran, namun invitasi atau sekolah yang diundang. Dengan demikian, keikutsertaan mereka sepenuhnya atas sepengetahuan sekolah. Selain itu, tim yang diundang memang mereka yang punya kualitas.

Di regional Jateng-DIY, babak kualifikasi digelar di Klaten dan Semarang. Dari ke-32 tim itu terpilih delapan tim yang berhak melaju ke babak delapan besar yang digelar di Semarang.

Joko menuturkan, tahun ini Specs Futsalogy digelar di empat regional, Jateng-DIY, DKI Jakarta, Jabar dan Jatim. Turnamen yang sempat berhenti selama satu tahun ini, rencananya akan digulirkan secara rutin. Bahkan Futsalogy tidak hanya digelar di wilayah Jawa saja, namun rencananya bisa terselenggara juga di seluruh Indonesia.

”Tahun depan, futsalogy rencananya juga digelar di Sumatera dan Sulawesi. Kami juga akan menjadikan sebagai agenda tahunan,” pungkas dia.

Specs Futsalogy Regional Jateng-DIY
Juara: SMAN 3 Sragen
Runner-up: SMAN 3 Sukoharjo
Peringkat ketiga: MA Mualimin Yogyakarta
Best Supporters: SMAN 16 Semarang
Best Player: Suci Ferry Setiawan (SMAN 3 Sragen)
Top Scorer: Rendra (MA Mualimin)

Riyan-Muha