blank
Menyusur sungai Sekembu

JEPARA ( SUARABARU.ID) -Sejumlah  personel TNI dan  satuan lintas sektor di Jepara, melaksanakan aksi bersih sungai. Kegiatan diselenggarakan   bertepatan dengan HUT Ke-71 Satuan Pembekalan Angkutan Angkatan Darat (Bekangad) ini dilakukan  di Sungai Sekembu, Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Jumat (28/2/2020).

blank

Sebelum melaksanakan karya bakti, acara diawali dengan apel gabungan pasukan. Turut hadir Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, Dandim 0719/Jepara Letkol Arm. Suharyanto, Dandenjasa Ang IV-44-13 Letkol Cba. Nana Patriana, dan Kabag Ren Polres Jepara AKP. Hadi Suprastowo.

Acara bersih sungai ini  dimotori oleh Kompi Ang Air Denjasa Ang IV-44-13 Bekangdam IV/Diponegoro, aksi ini menyasar kurang lebih 500 meter panjang Sungai Sekembu. Tampak semua peserta, mulai dari perwakilan komunitas mobil, organisasi masyarakat, pelajar hingga instansi pemerintahan terlibat dalam kegiatan bersih-bersih sungai ini.

Dandenjasa Ang IV-44-13 Letkol Cba. Nana Patriana menjelaskan, karya bakti TNI ini adalah  wadah untuk menggalang kebersamaan semua komponen bangsa. Hal ini dalam upaya pembangunan wilayah dan meningkatkan kebersamaan masyarakat perdesaan.

“Kegiatan seperti ini disemangati oleh rasa kebersamaan, kesatupaduan, dan rasa tanggung jawab bersama, dalam mengatasi berbagai kesulitan di masyarakat,” ujar Nana Patriana

Selain bersih-bersih sungai, juga dilakukan penanaman bibit bakau dan cemara laut di beberapa titik pinggir Sungai Sekembu. Tanam pohon ini untuk menjaga agar lambiran sungai terjaga dari abrasi.

Sementara itu Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menilai langkah ini sangat bermanfaat  membantu memperlancar aliran air untuk mengatasi banjir. “Selain sampah yang terbawa arus kala musim baratan, dirinya mengimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai, untuk tidak membuang sampah secara sembarangan,” ujar Dian Kristiandi

Hadi Priyanto