blank
Naby Keita/dok

LIVERPOOL (SUARABARU.ID) – Absennya kapten Liverpool Jordan Henderson membuat Naby Keita berpeluang menjadi starter ketika The Reds menjamu West Ham United pada lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Selasa (25/2) dini hari WIB. Henderson harus menepi tiga pekan gara-gara cedera hamstring.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mencanangkan timnya untuk kembali ke jalur kemenangan. The Anfield Gank menelan kekalahan 0-1 dari Atletico Madrid pada babak 16 besar leg pertama Liga Champions, pertengahan pekan lalu. ”Kami selalu fokus, dan berusaha memetik kemenangan lagi,” ungkap Klopp.

Partai versus The Hammers berpotensi melahirkan rekor baru bagi Virgil van Dijk dan kolega. Jika mampu meraup tiga poin, The Reds menyamai rekor kemenangan beruntun di Premier League yang diukir Manchester City dengan 18 kemenangan. Si Merah juga berambisi menambah deret tak terkalahkan di Premiership menjadi 44 kali tanpa putus. Saat ini rekor terbanyak tidak tersentuh kekalahan masih dipegang Arsenal (49 kali).

Namun, Klopp tidak mengutamakan rekor. Bagi pelatih berkebangsaan Jerman itu, harapannya adalah menang dan bermain mengesankan. ”Kami pantang meremehkan West Ham. Sebab, mereka siap mati-matian demi mencuri poin,” tandas eks coach Borussia Dortmund ini.

Klopp akan tetap mengusung skema 4-3-3. Perubahan hanya terjadi di lini tengah. Keita diplot mengisi tempat Henderson. Gelandang asal Guinea ini bakal bahu-membahu dengan Fabinho dan Georginio Wijnaldum.

Sementara itu, West Ham masih terbenam di zona degradasi. Anak-anak asuhan David Moyes sangat membutuhkan tambahan angka. Moyes mengakui The Reds sebagai lawan yang benar-benar sulit ditundukkan. Menurut dia, ketangguhan skuad arahan Klopp mirip dengan Manchester United pada masa keemasan di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

”Saya berharap posisi di zona merah akan membuat semangat para pemain kami tampil tanpa mengenal lelah,” tutur Moyes. Mantan manajer Everton itu kemungkinan menyiapkan formasi 3-5-2. Tombak kembar mengandalkan Michail Antonio dan Jarrod Bowen. (rr)