blank
FOTO BERSAMA: Komunitas Paguyuban Kekancan Saklawase Manyaran berfoto bersama setelah melaksanakan kegiatan rutin berupa jalan sehat pagi. (dok)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Masa tua akan membosankan bagi yang tak bisa mensyukuri dan menikmati kehidupan. Buat mereka yang enjoy, masa tua justru lebih berarti. Seperti apa yang dilakukan bapak-bapak yang tinggal di wilayah sekitar Jalan Borobudur Utara, Manyaran, Semarang Barat. Mereka membentuk Paguyuban Kekancan Saklawase.

Ketua Paguyuban Kekancan Saklawase F Purwadi menuturkan komunitasnya berjumlah 40 orang. Kegiatan rutin mereka adalah jalan pagi setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga selesai. Rutenya pun dipilih yang ringan. Berkumpul di Taman Borobudur, mereka lalu berkeliling di Jalan Suratmo, dan finis di Taman Borobudur.

”Tujuan paguyuban ini adalah menambah teman dalam pergaulan, kebersamaan dan tidak memandang status sosial, agama dan ras,” ujar F Purwadi, Senin (10/2). Pihaknya juga senang kalau ada kaum muda yang ikut bergabung. Sebab, inti aktivitas ini adalah menjaga stamina tubuh agar tetap sehat jasmani dan rohani.

”Sehabis jalan, kalau lapar ya sarapan bareng. Intinya, hidup jangan dibikin susah. Kalau di antara kami ada yang kesusahan, kami tanpa ragu ikut membantu,” ungkap pensiunan PLN Distribusi Jateng ini. (rr)