blank
Personel Polsek dan Koramil Giriwoyo, bersama relawan siaga bencana, membantu membersihkan puing-puing reruntuhan genting rumah warga yang diterjang bencana puting beliung.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana puting beliung menerjang Dusun Kedokan, Desa Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo (60 Kilometer selatan Kota Wonogiri). Menyebabkan pohon-pohon bertumbangan, belasan rumah warga rusak, dan ribuan genting rumah penduduk berantakan karena diterbangkan angin.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Giriwoyo Iptu Wartadi, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Rabu (22/1), menyatakan, bencana puting beliung itu terjadi Selasa petang (21/1).

Tidak ada korban jiwa, kerusakan rumah mayoritas pada bagian atap, karena diterjang angin kencang yang datang bersamaan hujan. Bencana ini menimbulkan kerugian materi bernilai puluhan juta rupiah.

Baca juga : Warga Khawatir Kali Manggis Meluap Lagi, Jika Turun Hujan Deras

blank
Petugas Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, naik ke atap rumah. Ini dilakukan untuk membantu pembenahan rumah warga yang rusak karena diterjang puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, sebanyak 12 rumah yang rusak terdiri atas rumah milik Paino (50), Jono (60), Sumino (55), Tulus (50), Sutiman (78), Wagimin (60), Ny Sukijem (78). Berikut rumah milik Perangkat Desa, Sutarmo (64), Giyarno (46), Ny Karinah (74), Tugi (67), dan Ny Siwin (40). Mereka merupakan penduduk yang tinggal di RT 1/RW 2, Dusun Kedokan, Desa Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Sebanyak 12 Rumah

Kepala Desa (Kades) Tukulrejo, Heri Nur Cahyanto (37), dan Perangkat Desa Sutarmo (64), menyatakan, bencana itu diawali dengan turunnya hujan lebat pada pukul 16.25. Mendadak kemudian disertai angin kencang, yang menerjang kawasan pedusunan tempat warga bermukim.

Hasil pengecekan sementara, setelah hujan reda, bencana puting beliung tersebut menyebabkan setidak-tidaknya dua belas rumah warga rusak.

Baca juga: Polisi Kejar Perampok Pelanggan Warteg di Pesanggrahan

”Pada umumnya rusak di bagian atap,” jelas Kades Heri Nur Cahyanto dan Sutarmo.

blank
Relawan siaga bencana tingkat desa, bersama personel Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, membantu membersihkan puing-puing kehancuran genting atap rumah warga, setelah diterjang puting beliung.

Kejadian ini segera dilaporkan ke Polsek dan Koramil serta Kantor Kecamatan Giriwoyo. Gerakan kerja bakti gotong royong dilakukan warga ketika hujan reda. Ikut membantu kerja bakti, personel Polsek dan para anggota Koramil Giriwoyo, pamong desa beserta aparat dari Kantor Kecamatan Giriwoyo.

Menyikapi bencana tersebut, BPBD Kabupaten Wonogiri memberikan bantuan untuk upaya pemulihan sebagai tindakan darurat, agar warga yang rusak rumahnya, segera dapat menempatinya kembali, tanpa harus mengungsi.

Tindak lanjut upaya pemulihan dilakukan Rabu (22/1), dengan mendapatkan bantuan dari para relawan siaga bencana tingkat desa dan dari BPBD beserta relawan dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), aparat kecamatan bersaa jajaran TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Giriwoyo.

Bambang Pur