blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jika pada tahun 2018-2019 Jepara fokus pada pembangunan kepariwisataan dan infrastruktur, maka pada tahun 2021 akan dilanjutkan dengan penguatan industri kreatif, pertanian, perkebunan dan perikanan.

Ini sekaligus untuk mendukung, pembangunan kepariwisataan dan infrastruktur yang sebelumnya, telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, dalam konsultasi publik rancangan awal RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Jepara, Tahun 2021 pada Rabu (15/01/2020), di Gedung Shima Jepara.

Acara ini dihadiri Ketua Bapeda Jateng, Sekda Jepara Edi Sujatmiko, pimpinan OPD dan para Camat serta sejum;lah elemen masyarakat.

Menurut Dian Kristiandi, untuk penguatan ketahanan pangan dan pertanian, akan didukung dengan peningkatan kapasitas pelaku usaha pertanian, distribusi sarana dan prasarana pertanian, pengembangan usaha pertanian serta tidak ketinggalan pemanfaatan teknologi tepat guna.

“Sementara untuk bidang perikanan, akan ditingkatkan ketrampilan teknis pelaku perikanan, fasilitasi akses permodalan, penyediaan sarana dan prasarana penunjang serta pemanfaatan teknologi perikanan budidaya dan tangkap tepat guna” ujarnya.

Dijelaskan pula oleh Dian Kristiandi, pendidikan, kesehatan dan pelestarian lingkungan juga akan tetap menjadi perhatian.

Seperti pembangunan sarana dan prasarana penunjang pengelolaan persampahan, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah serta peningkatan cakupan pengangkutan sampah perkotaan.

“Agar bisa terlaksana sesuai target, harus didukung tata pemerintahan yang baik. Jangan hanya mengejar prestasi di atas kertas, tetapi harus benar-benar menyentuh masyarakat,” tegas Dian Kristiandi.

Melibatkan seluruh eleman masyarakat dalam pembangunan menurut Dian Kristiandi juga sangat pentiung mulai perencanaan awal, pelaksanaan program, pengawasan hingga pemeliharaan. Sehingga, program pemerintah ini, benar-benar dapat dirasakan manfaatnya.

Hadi Priyanto-Wahyu