blank
Dokter spesialis klinik anak RSUD Soetjonegoro Wonosobo dr Sir Panggung Tri Subekti MSc SpA. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID) – Dokter spesialis klinik anak RSUD Soetjonegoro Wonosobo dr Sir Panggung Tri Subekti MSc SpA mengatakan guna menjadi generasi muda yang sehat maka perlu upaya pencegahan agar tubuh tidak mudah jatuh sakit.

“Penyakit itu timbul karena tidak ada keseimbangan dalam tubuh atau kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi. Selama kebutuhan makanan bergizi terpenuhi maka tubuh akan sehat, penyakit di luar atau dalam tubuh tidak akan mudah menyerang,” katanya

Dokter Sir Panggung Tri Subekti MSc SpA yang juga lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengatakan hal itu saat mengisi acara penyuluhan kesehatan di halaman SMP Negeri 2 Wonosobo, Sabtu (11/1).

Pihaknya mencontohkan upaya pencegahan terhadap infeksi. Pencegahan infeksi bisa dilakukan dengan imunisasi, perbaikan nutrisi, istirahat/tidur cukup, tidak stres, cuci tangan dengan sabun dan mencegah penyebaran kuman melalui desinfeksi/sterilisasi.

Menurut Sir Panggung, dalam paparannya yang berjudul “Mencegah Sakit”, konsep dasar timbulnya penyakit meliputi penyakit musiman (seperti musim hujan), penyebab (agen), dan pengaruh lingkungan sekitarnya yang buruk.

Program Literasi

blank
Kepala SMP Negeri 2 Wonosobo Saryono MMPd, saat berikan pengarahan (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Kepala SMP Negeri 2 Wonosobo Saryono MMPd mengatakan kegiatan penyuluhan kesehatan merupakan bagian dari program budaya literasi di sekolah. Program literasi yang digelar Sabtu (11/1) pagi sebelum pelajaran dimulai.

“Pada kegiatan literasi kali ini, setelah guru, siswa dan karyawan membaca buku bersama di halaman sekolah, dilakukan penyuluhan arti penting mencegah berbagai penyakit yang bisa setiap saat menggerogoti tubuh,” katanya.

Program literasi sekolah, imbuhnya, dalam rangka menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pemberdayaan ekosistem sekolah yang diwujudkan dalam gerakan membaca buku secara massal di halaman sekolah.

Dikatakan Saryono M MPd penyuluhan kesehatan perlu dilaksanakan mengingat musim penghujan banyak siswa yang tidak masuk sekolah karena alasan sakit. Perlu usaha selalu menjaga ketahanan tubuh agar tidak sakit.

“Sehat itu murah sedang sakit pasti mahal. Guna menjaga kesehatan, pelajar harus menjaga pola hidup sehat, makan yang berimbang, istirahat, olah raga yang cukup, tidak jajan sembarangan dan karena musim hujan membawa payung atau mantol.

Muharno Zarka/mm