blank
RESMIKAN JEMBATAN : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Pekalongan Asip Kholbihi usai meresmikan Jembatan Kalikeruh yang menghubungkan wilayah Pekalongan dengan Kabupaten Pemalang. Antara

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, melarang warga melakukan penambangan liar di bawah Jembatan Kalikeruh karena hal itu akan merusak kondisi bangunan jembatan menjadi roboh atau ambrol.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa Jembatan Kalikeruh yang menghubungkan wilayah Kabupaten Pekalongan dengan Pemalang pernah runtuh karena diantaranya penambangan liar.

”Oleh karena itu, kami minta masyarakat tidak melakukan penambangan liar yang berdekatan dengan jembatan. Masyarakat boleh melakukan penambangan dengan radius sekitar 1.000 meter dari posisi jembatan,” katanya.

Jembatan Kalikeruh yang diresmikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Selasa (7/1) ini didanai berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jateng sebesar Rp14,2 miliar.

Ia mengatakan, saat runtuhnya jembatan Kalikeruh yang terjadi pada tahun lalu mengakibatkan sarana transportasi masyarakat terganggu.

“Oleh karena itu, kami minta hal ini (runtuhnya jembatan) jangan terulang kembali. Ini jadi beban masyarakat yang timbul akibat robohnya jembatan itu, apalagi banyak guru asal Kabupaten Pekalongan mengajar di wilayah Kabupaten Pemalang,” katanya.

Ia mengatakan, Pemprov Jateng menitipkan agar kondisi Jembatan Kalikeruh dijaga dan dirawat karena proyek pembangunan jembatan menggunakan uang rakyat yang tidak sedikit.

”Khususnya warga Desa Luragung yang berdomisili berdekatan dengan jembatan itu harus bisa merawat. Kami bersyukur jembatan itu sudah dibangun sehingga jalur perekonomian warga sudah kembali lancar,” katanya.

Ant/Muha