blank
Usai upacara, bupati beserta jajarannya berfoto bersama di depan Kantor Setda Grobogan. (Foto : Hana Eswe)

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Peringatan Hari Ibu (PHI)  ke-91 ditandai dengan upacara yang dilaksanakan di halaman Setda Grobogan, Senin (23/12). Upacara ini dipimpin langsung Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Yang unik dari kegiatan upacara ini yaitu diikuti peserta upacara dengan menggunakan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia. Hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kabupaten Grobogan, Kepala OPD se Kabupate Grobogan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Grobogan, Dharma Wanita Persatuan (DWP), GOW, FKKG dan KPPI Grobogan.

Dalam upacara tersebut, Bupati memaparkan tema dari PHI ke 91 ini yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi Bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dan lain-lain.

Baca Juga: Inilah Penyebab Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Didatangi Banyak Orang

Peran laki-laki sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk mengampanyekan atau membentuk gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender.

“Tidak lupa masih tinggnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan  Angka Kematian Bayi (AKB) serta stunting yang harus menjadi keprihatinan kita semua. Sebagai seorang ibu, tentunya kita semua mempunyai peran sentral sebagai ujung tombak upaya Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam menurunkan AKI/AKB serta stunting,” ujar Sri Sumarni.

blank
Bupati menandatangani deklarasi Three Ends Plus He For She usai upacara. (Foto : Hana Eswe).

Digabung HBN

Selain memperingati hari Ibu, upacara ini juga berkenaan dengan Hari Bela Negara (HBN) ke 71. Sri Sumarni memaparkan, Hari Bela Negara ini ditujukan untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang kala itu dilakukan Mr. Safruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

Dalam kesempatan itu, Sri Sumarni mengibau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan dari segala elemen dan profesi untuk bersama-sama menggugah kembali rasa cinta tanah air.

“Perkuat kesadaran bela negara kita sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal dari segala ancaman bangsa dengan berpedoman pada Pancasila serta UUD 1945,” imbaunya.

blank
Suasana khidmat terlihat pada upacara Hari Ibu digabung Hari Bela Negara. Semua peserta upacara mayoritas mengenakan pakaian adat. (Foto : Hana Eswe).

Lepas Balon

Usai upacara, Sri Sumarni berkesempatan menandatangani Deklarasi Three Ends Plus He For She gagasan DP3AKB Kabupaten Grobogan. Selain itu juga dilakukan launching Forum Puspa yang merupakan forum perempuan di Kabupaten Grobogan. Peresmian tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Hana/mm

blank