blank
LATIHAN SAR: Personel Lanud Adi Soemarmo saat melaksanakan latihan SAR di Lanud Adi Soemarmo, Rabu (18/12). (suarabaru.id/dok Pentak SMO)

KARANGANYAR (SUARABARU.ID)– Kepala Dinas Operasi Letkol Nav Muhammad Jausan, mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik, membuka Latihan SAR (Search and Rescue), bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Rabu (18/12).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Adi Soemarmo mengatakan, untuk menunjang tugas dukungan operasi udara, perlu diadakan latihan SAR, agar personel Lanud Adi Soemarmo mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan korban sesuai prosedur yang ada.

“Setelah latihan, diharapkan mampu mengawaki sarana dan prasarana sekaligus meningkatkan kesiapan operasional SAR, baik personel maupun segala perangkat pendukungnya dalam rangka penanganan bencana. Di samping itu, untuk melatih kemampuan dan kualifikasi personel Lanud Adi Soemarmo untuk penanganan bencana,” kata Danlanud seperti disampaikan Letkol Nav Muhammad Jausan

“Adapun Latihan SAR yang akan dilaksanakan selama dua hari pada dasarnya dimaksudkan untuk menyeragamkan persepsi tentang kesiapsiagaan dan darurat bencana potensi SAR di Lanud Adi Soemarmo,” sambungnya.

Selanjutnya, Komandan Lanud juga menekankan agar melaksanakan  program latihan ini dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh semangat, serta mematuhi semua prosedur latihan yang berlaku, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai dengan program latihan yang telah direncanakan.

“Sejalan dengan upaya untuk mewujudkan hasil latihan yang optimal, saya berharap kepada seluruh peserta latihan agar tetap waspada dan tidak mengabaikan faktor keselamatan dan keamanan kerja walau sekecil apa pun,” tuturnya.

Pada latihan SAR  ini para peserta latihan diberikan beberapa materi latihan antara lain praktik pertolongan korban di darat dan air, rapelling dan penilaian, pemindahan korban serta simulasi darurat penerbangan.

LBC