blank
Personel Babinsa dan jajaran Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, bersama tim ikut melakukan monitoring pembangunan sarpras SLBM.

WONOGIRI – Sarana prasarana (Sapras) Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM), dibangun di Lingkungan Gemawang, Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogojhimo, Kabupaten Wonogiri. Ini untuk menudukung tumbuhnya perilaku pembudayaan hidup bersih, dalam upaya mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya.

Dengan dibangunnya Sarpras SLBM ini, harapannya agar usaha untuk menjaga kebersihan lingkungan, demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dapat terwujudkan. Pembangunan Sarpras SLBM ini didanai dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan nilai pagu sebesar Rp 550 juta. Yang pelaksanaannya masuk dalam kegiatan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) ”Gemanti” yang dipimpin Suswanto SPd.

Hadir dalam monitoring pembangunan Sarpras SLBM ini, Danramil-22 Slogohimo Kapten Arm Yadiman, Kepala Kelurahan Bulusari, Mulyono SPd, MPd, Babinsa Serma Muslimin, Serda Wuryanto, dan Koptu Awaludin serta Ketua Pelaksana Pembangunan, Suswanto.

Dalam kegiatan ini, Danramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Arm) Yadiman, menyampaikan pesan tentang pentingnya sanitasi di masyarakat, yakni untuk menciptakan kebersihan lingkungan demi membudayakan Perilaku Hidup Bersih Masyarakat (PHBM). Harapannya, kelak masyatakat dapat memanfaatkan bangunan Sarpras SLBM ini dengan baik, serta ikut merasa memiliki untuk terpanggIl ikut menjaga dan merawatnya. ”Sebab, ini dibangun dengan beaya yang mahal,” tegas Danramil-22 Slogohimo, Kapten (Arm) Yadiman sembari menambahkan, jangan sampai fasilitas untuk publik ini nantinya terbengkalai atau tidak termanfaatkan.

blank
Loka karya mini lintas sektoral, digelar di Kecamatan Wonogiri Kota dan di Kecamatan Puhpelem. Diikuti Camat bersama jajaran Forkompincam, pimpinan dinas dan instansi terkait, ketua dan pengurus PKK.


Loka Karya Mini:
Sementara itu, bertempat di Aula Puskesmas Wonogiri-1, digelar loka karya mini lintas sektoral. Ikut hadir Danramil-01 Wonogiri yang diwakili Sertu Giri Sumarso, Camat Wonogiri yang diwakili Sekcam Drs Suparno, Kapolsekta Wonogiri Kota yang diwakili Aiptu Sularmo, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas-1, Dokter Pithut MKes, bersama pimpinan dinas dan instansi terkait. Hadir pula para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se wilayah kerja Puskesmas Wonogiri-1, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan, dan para kader Posyandu.

Sekcam Suparno, dalam sambutannya menyampaikan perlunya meningkatkan kewaspadaan berkaitan dengan datangnya awal musim penghujan. ”Agar mewaspadai kemucnulan jentik-jentik nyamuk dan upaya menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan, demi menciptakan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Loka karya mini lintas sektoral juga digelar di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri. Dihadiri Camat Puhpelem, Jaiman SIP, MM, Danramil-24 Kapten (INf) Tono, Kapolsek Iptu Budiono, Kepala UPTD Puskesmas Dokter Arif Wibowo, para pimpinan dinas dan instansi terkait, para Kades dan Lurah, para Kepala Sekolah (Kasek), Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK.
suarabaru.id/Bambang Pur