blank
MENYERAHKAN SURAT: Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Adji menyerahkan surat program renovasi RTLH kepada salah seorang warga yang rumahnya direnovasi, Minggu (24/11). (suarabaru.id/Bagus Adji)

SOLO, SUARABARU.ID – Komando Distrik Militer (Kodim) 0735/ Surakarta dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merampungkan program renovasi rumah tak layak huni (RTLH) di Solo. Menyusul penyerahan enam RTLH yang telah direnovasi di wilayah Joyosuran, Kecamatan PasarKliwon kepada pemiliknya dalam acara dipimpin Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf  Wiyata S Adji, Minggu (24/11).

Pada acara dihadiri Ketua Baznas Surakarta H Hidayatullah Rosidi, Dandim 0735/ Surakarta Letkol Inf  Wiyata S Adji menegaskan, program renovasi RTLH di lingkungan Kelurahan Joyosuran merupakan bagian dari kegiatan  dari pembinaan teritorial (Binter) terpadu yang dilakukan TNI di wilayah Surakarta.

Tujuannya yakni untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, bersama rakyat TNI kuat, bersama TNI rakyat aman dan sejahtera.

„Kegiatan Renovasi RTLH dilaksanakan  secara bersama antara TNI, Baznas dan Pemkot Surakarta. Materiil berasal dari Baznas, adapun penggarapannya dilakukan TNI berikut logistiknya. Dalam melakukan penggarapan selain melibatkan personel TNI juga menyertakan ahli maupun tukang,“ terang Dandim.

blank
SURAT PENYERAHAN: Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Adji bersama Ketua Baznas Surakarta H Hidayatullah Rosidi tengah mendatangani surat penyerahan kembali rumah yang menjadi peserta program renovasi RTLH, Minggu (24/11). (suarabaru.id/Bagus Adji)

Mendapatkan Kehormatan

Sementara itu Ketua  Badan Qamil Zakat Nasional Surakarta H Hidayatullah Rosidi mengatakan Baznas merasa mendapatkan kehormatan telah ikut bisa berpartisipasi meskipun  dengan cara yang sangat minimal dalam bidang pendanaan.

Terdapat tiga hal harus terpenuhi dalam kehidupan manusia, yakni sandang, pangan dan papan. Disini Baznas bisa ikut cawe- cawe membantu program pemerintah kota dan pihak terkait untuk perbaikan RTLH sebanyak 10 unit.

“Dana bantuan yang disampaikan merupakan hasil penghimpunan  zakat, infaq, sedekah dari ASN muslim yang dititipkan kepada Baznas untuk dikelola, didistribusikan dan diberdayakan sesuai dengan moto Baznas,“ jelasnya, sembari menambahkan biaya renovasi setiap rumah berkisar Rp15 juta.

Secara terrpisah, Erni Pujiastuti (45) warga Gambutan RT 3 RW 8, Joyosuran, Surakarta,  mengaku berterimakasih kepada semua pihak yang telah melakukan renovasi terhadap kediamannya.

Suarabaru.id/Bagus Adji