blank
BERSIHKAN SAMPAH: Ratusan peserta "Resik Resik Kali Pepe" tengah membersihkan sampah dan mengangkatnya dari dasar sungai, untuk kemudian mengangkut, serta membuangnya ke TPA Putri Cempo. (suarabaru.id/Bagus Adji)

SOLO, SUARABARU.ID – Komandan Kodim 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Adji bersama ratusan personel dan masyarakat Kota Solo bersatu-padu membersihkan Kali Pepe dalam kegiatan bertajuk “Resik-Resik Kali Pepe”, Minggu (24/11), pagi.

Kegiatan yang melibatkan ratusan personel dari TNI, ormas FKPPI, forum sukarelawan, SKPD, IPSI dan warga, membaur menjadi satu dan dipimpin langsung Dandim 0735/Surakarta yang merupakan bagian dari pembinaan terotprial terpadu Kodim 0735/Surakarta.

Pemilihan lokasi “Resik Resik Kali Pepe“ di muka Pintu Air Demangan tersebut dimaksudkan agar aliran air di sungai setempat terbebas dari sampah.

blank
Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata S Adji (suarabaru.id/Bagus Adji)

“Ketiadaan sampah di alur sungai terlebih di musim hujan menjadikan air sungai mengalir dengan lancar menuju ke Bengawan Solo. Kelancaran aliran air diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya genangan air di dalam kota saat berlangsungnya hujan,” terang Dandim.

BACA JUGA: https://suarabaru.id/2019/11/24/kodim-0735-surakarta-dan-baznas-serahkan-renovasi-rtlh/

Tak hanya melakukan pembersihan sampah dari dasar sungai dan kemudiann membuangnya ke TPA Putri Cempo, jajaran Kodim  0735 juga melakukan sosialisasi terkait cara hidup bersih/ sehat secara berkala. Dalam sosialisasi ini juga ditekankan agar warga tidak membuang sampah ke sungai sekaligus peduli lingkungan dan sekitarnya.

blank
SAMPAH KALI: Ratusan personel bahu membahu mengangkat sampah dari dasar Kali Pepe untuk selanjutnya dibuang ke TPA Putri Cempo pada kegiatan ‚Resik Resik Kali Pepe‘, Minggu (24/11). (suarabaru.id/Bagus Adji)

“Hal ini sesuai jargon kita, jaga alam maka alam akan menjaga kita. Harapannya kalau sungai sudah bersih dari sampah hendaknya selalu dijaga dan dipelihara. Kegiatan sejenis juga bisa menginspirasi masyarakat yang bersih itu lebih baik dan sehat,” jelas Dandim.

Suarabaru.id/Bagus Adji