blank
GUNTING PITA: Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P Damanik, bersama Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rafael Granada Baay, beserta pejabat TNI/Polri, Pemda dan undangan saat melaksanakan pemotongan pita di lokasi peresmian jalan, di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Kamis (31/10). (suarabaru.id/dok Pentak Lanud Adi Soemarmo)

BOYOLALI – Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P Damanik, menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di Lapangan Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Kamis (31/10).

Amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, yang dibacakan Inspektur Upacara, Kolonel Pnb Adrian Damanik menyampaikan, makna yang terkandung dari tema TMMD “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat” adalah bahwa TNI bersama dengan pemerintah daerah dan masyarakat, melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan, antara TNI, Polri, kementerian/lembaga pemerintah non-kementrian (LPNK) yang menyinergikan program masing-masing instansi untuk meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah,”terangnya.

Dengan percepatan pembangunan, lanjutnya, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

blank

Dalam kegiatan TMMD tidak hanya sasaran fisik yang dikerjakan, melainkan juga sasaran nonfisik yang meliputi penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, bela negara dan ketertiban masyarakat, kesehatan, hukum, HAM dan lain-lain sesuai kebutuhan daerah sasaran.

Pembangunan nonfisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa. Sementara untuk sasaran fisik berupa betonisasi jalan yang diresmikan Komandan Lanud  Adi Soemarmo dan para pejabat.

“Pencapaian program sasaran fisik harus juga diimbangi dengan pencapaian sasaran nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan kesehatan dan lain-lain,” katanya.

Selesai upacara, Komandan Lanud Adi Soemarmo bersama Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rafael Granada Baay, meninjau lokasi TMMD bersama pejabat TNI, Polri, pemda dan tamu undangan. (LBC)