blank
Ketua DPRD Blora HM Dasum SE MMA (tengah pakai kopiah), saat melakukan rapat komisi.(Foto: SB/Wahono)

BLORA – Setelah membentuk komisi-komisi (Komisi A, B, C, dan D), Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, segera membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya berupa empat badan.

Ketua DPRD setempat, HM Dasum, Minggu (20/10/2019), menjelaskan untuk membentuk AKD lainya, yakni empat badan, pihaknya mengundang tujuh ketua fraksi untuk rapat persiapan pada Senin (21/10/2019).

“Senin, semua ketua fraksi kami undang untuk konsultasi pembentukan AKD badan-badan,” jelas Dasum.

Menurutya, empat badan itu terdiri anggota badan kehomatan  (BK) lima anggota, dan badan anggaran (Banggar) 22 orang, dengan komposisi ketua DPRD menjadi ketua Banggar, Wakil Ketua DPRD merangkap Waket Banggar.

“Anggota Banggar itulah nanti yang perlu kita bahas, dan rapatkan,” jelasnya.

Selain dua badan tersebut, lanjutnya, akan dibentuk badan musyawarah (Banmus), dan komposisi anggotanya sama dengan Banggar sebanyak  22 orang, lainnya diisi anggota dewan.

Satu lagi badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda), anggotanya dari sejumlah komisi yang terbanyak, misal di salah satu komisi terdapat 12 orang, maka anggota Bapemperda maksimal 12 orang.

“Kami ingin pembentukan AKD berjalan baik, semua bisa dimusyawarahkan,” kata Dasum.

blank
Ketua DPRD Kabupaten Blora, H.M Dasum SE, MMA (kanan) didampingi Waket DPRD Siswanto S.Pd, MH (kiri) dan sejumlah anggota, menggelar pertemuan dengan wartawan. (Foto : SB/Ist)

Tiga Fraksi

Disinggung alotnya pembentukan empat komisi, bahkan ada tiga dari tujuh fraksi di DPRD Blora anggotanya tidak masuk di semua komisi, Dasum membenarkan hal itu.

Dasum menambahkan, empat Komisi sudah terbentuk dengan memedomani peraturan yang ada, meski demikian bagi anggota fraksi yang belum masuk di komisi dipersilahkan segera bergabung.

Diperoleh keterangan, adapun tiga fraksi yang belum bersedia masuk di komisi yang ada, adalah fraksi PPP dan dua fraksi gabungan Partai Demokrat-Hanura, dan Gerindra-PKS.

Diberitakan sebelumnya, unsur pimpinan DPRD Blora masa tugas 2019-2024, Ketua HM Dasum (PDI Perjuangan), Wakil Ketua Sakijan (NasDem), Mustofa (PKB), dan Siswanto (PG).

Sedangkan nama para ketua fraksi, Lina Hartini (PDI Perjuangan), Mukhlisin (PKB), Yusus Waluyo (Nasdem), Meidi Usmanto (Golkar), Jariman (PPP), Arifin (Gerindra), dan HM. Warsit (Demokrat Hanura).

DPRD Kabupaten Blora masa bhakti 2019-2024, telah melaksanakan pengucapan sumpah-janji pada Selasa (27/8/2019).

Tujuh fraksi sudah terbentuk, terdiri fraksi PDI Perjuangan (sembilan kursi kursi), PKB (delapan kursi), NasDem (tujuh kursi), dan PPP (lima kursi) membentuk fraksinya sendiri (mandiri).

Untuk fraksi gabungan, masing-masing Golkar gandeng Perindo (enam kursi), Partai Demokrat bersanding dengan Hanura (lima kursi), Gerindra PKS (lima kursi).

Suarabaru.id/Wahono