blank
Petugas pemadam kebakaran terus berupaya memadamkan api yang nyaris membakar Pabrik pembuatan triplek milik UD. Sinar Jaya Putra di kawasan Dusun Ngesrep RT 07 RW 04, Desa Tegalrejo(Foto: SB/erna)

UNGARAN – Pabrik pembuatan triplek milik UD Sinar Jaya Putra di kawasan Dusun Ngesrep Desa Tegalrejo, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang nyaris ludes terbakar, Senin (30/9).

Tidak ada korban jiwa, hanya saja pemilik pabrik mengalami kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. Mengingat, sebanyak 200 kubik kayu sengon, bahan triplek, 1 set Mlmesin sanding/ amplas dan perlengkapannya serta dua unit genset, satu tungku oven, satu mesin glue spider, satu mesin cool press, bangunan pabrik dan sebuah hand forklift mengalami kerusakan parah hingga ada yang hangus terbakar.

Menurut saksi mata, Siswanto (61), ayah dari pemilik pabrik warga Dusun Ngesrep RT 07 RW 04, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang pukul 10.30 melakukan uji coba tungku oven yang baru saja diperbaiki.

Saat tungku sedang bekerja, diperkirakan oli yang berada di dalam tungku terlalu banyak dan terlalu panas. Oli jatuh ke api yang berada dibawah tungku yang sedang menyala. “Kemudian api menyembur ke atap mengenai serbuk kayu yang menempel di atap,” ujar Siswanto kepada petugas.

Tak hanya itu, serbuk kayu pun turut terbakar dan jatuh di tumpukan bahan triplek yang kering. Sehingga api semakin besar dan melebar mengenai bahan triplek dan kayu yang ada di Pabrik tersebut.

Melihat kejadian itu, salah satu warga bernama Bagong melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tengaran dilanjutkan menghubungi Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang dan api pun dapat segera dipadamkan.

Suarabaru.id/Erna